MODEL PENGENALAN KERAJINAN PERAK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK SD (STUDI KASUS : KERAJINAN TANGAN PERAK YOGYAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.35842/jtir.v11i33.112Abstract
Abstrak
Penelitian ini akan membangun model pembelajaran melalui pengenalan jenis dan bentuk kerajinan tangan berbasis 3D dengan konsep augmented reality. Jika diterapkan pada dunia nyata, aplikasi ini akan memudahkan seseorang untuk belajar mengenai jenis kerajinan tangan melalui gambar interaktif yang terkoneksi dengan aplikasi berbasis jaringan internet.
Untuk memudahkan model aplikasi berbasis AR ini dapat diterapkan di dunia nyata, peneliti akan menggunakan metode marker based. Marker merupakan sebuah teknik yang menggunakan sebuah frame dapat berupa foto sebuah objek nyata atau gambar buatan dengan pola unik untuk mendeteksi sebuah objek. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dapat membantu dalam proses mengenali jenis kerajinan tangan baik yang berbentuk gambar atau objek nyata melalui proses tracking 3D
Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dapat membantu dalam proses mengenali jenis kerajinan tangan baik yang berbentuk gambar atau objek nyata melalui proses tracking 3D. Model pembelajaran ini akan sangat memudahkan seseorang dalam mengenali sebuah objek kerajinan tangan melalui aplikasi berbasis mobile Android.
Kata Kunci : marker based, Augmented Reality, kerajinan tangan, tracking 3D