APLIKASI SLIDE SOFTWARE UNTUK MENGANALISIS STABILITAS LERENG PADA TAMBANG BATUGAMPING DI DAERAH GUNUNG SUDO KABUPATEN GUNUNGKIDUL

R Andy Erwin Wijaya, Dianto Isnawan

Abstract


ABSTRAK
Beberapa aplikasi yang berbasis informatika saat ini telah banyak digunakan di berbagai bidang sektor industri termasuk industri pertambangan. Industri pertambangan merupakan suatu industri yang melibatkan berbagai disiplin ilmu. Salah satu sub bidang pertambangan yang paling penting adalah bidang geoteknik. Analisis geoteknik merupakan tahap awal sebagai dasar untuk menentukan stabilitas lereng penambangan. Dalam analisis ini memerlukan pengamatan dan olah data yang cermat karena berhubungan erat dengan keselamatan operasional penambangan. Oleh sebab itu diperlukan suatu alat bantu untuk mempermudah analisis data stabilitas lereng secara cepat dan akurat. Aplikasi yang digunakan dalam analisis stabilitas lereng ini adalah slide software. Aplikasi software ini dapat merancang desain geometri jenjang yang meliputi tinggi dan kemiringan jenjang tambang beserta tingkat faktor keamanannya. Hasil analisis yang diperoleh akan dijadikan dasar untuk membuat model desain tambang yang aman bagi lingkungan.
Tulisan ini akan membahas bagaimana cara mengaplikasikan slide software dan hasil analisis geometri jenjang dan faktor keamanannya pada tambang batugamping di daerah Gunung Sudo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Kata Kunci : Slide Software, Stabilitas Lereng, Tambang Batugamping


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v11i33.109

Article Metrics

Abstract view : 2138 times
PDF - 318 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v11i33.109.g100

Copyright (c) 2017 R Andy Erwin Wijaya, Dianto Isnawan



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.