PEMETAAN INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) KABUPATEN BANTUL BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Deborah Kurniawati, Erna Hudianti Pujiarini

Abstract


ABSTRAK
Usaha/industri sektor informal di Kabupaten Bantul berkembang sangat pesat. Dari data Dinas Perindagkop, pada tahun 2011 tercatat terdapat 18.158 Indusri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bantul. Peningkatan jumlah IKM terjadi di tahun-tahun berikutnya, dimana pada tahun 2012 tercatat terdapat 18.235 IKM dan pada tahun 2013 terdapat 18.295 IKM. Sejalan dengan perkembangannya, IKM mendapati berbagai masalah yang hanya dapat ditangani dengan melibatkan berbagai pihak. Pemetaan IKM secara geografis menjadi penting mengingat penanganan terhadap permasalahan IKM harus dilakukan seefektif dan efisien mengingat jumlah IKM yang tidak sedikit. Aplikasi yang dibangun, dirancang berdasarkan arsitektur sistem ingormasi geografis, menggunakan ordinat longitude dan latitude dari lokasi masing-masing IKM. Sistem Informasi Geografis (SIG), dibuat dengan menggunakan informasi yang berasal dari pengolahan sejumlah data, yaitu data geografis atau data yang berkaitan dengan posisi obyek di permukaan bumi. Dalam implementasinya, SIG dapat digunakan sebagai alat bantu penyampaian informasi mengenai lokasi tempat , memberikan penjelasan tentang suatu peristiwa, membuat peramalan kejadian, dan perencanaan strategis lainnya.. Dengan menggunakan fasilitas Google Map pemetaan IKM dilakukan dengan memberikan icon yang berbeda untuk tiap-tiao jenis IKM sehingga sebaran IKM terlihat.
Hasil aplikasi berupa visualisasi peta wilayah IKM, yang nantinya dapat digunakan pihak terkait untuk melihat sebaran IKM di kabupaten Bantul.
Kata Kunci: IKM, pemetaan, SIG, sebaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v11i33.108

Article Metrics

Abstract view : 534 times
PDF - 107 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v11i33.108.g99

Copyright (c) 2017 Deborah Kurniawati, Erna Hudianti Pujiarini



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.