EVALUASI WEB SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL & IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

Rochmat Husaini, M Suyanto, Emha Taufiq Luthfi

Abstract


Abstrak
Seiring berjalannya waktu, informasi dapat diperoleh dari banyak media, baik dari berbagai media cetak ataupun media elektronik digital. Salah satu media digital yang sangat cepat berkembang dan menjadi pilihan utama individu atau instansi untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat adalah teknologi website. Salah satu manfaat dari website yaitu dapat digunakan sebagai media promosi yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja serta tanpa biaya untuk mengaksesnya.
Penelitian ini membahas tentang evaluasi website sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul menggunakan metode Webqual dan Importance Performance Analysis. Penelitian ini bertujuan supaya dapat mengukur penilaian pengguna terhadap kinerja serta harapan pengguna/pengunjung website sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Data dapa penelitian ini diperoleh dari input kuesioner dari sampel pengunjung web itu sendiri, baik melalui kueioner online atau kuesioner manual dengan kertas.
Penelitian ini menggunakan software untuk pengolahan data yaitu Structural Equation Model 2.0 (SEM 2.0). dari penelitian yang sudah dilakukan dan di dapatkan kesimpulan bahwa dalam penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai R Square untuk variabel User Satisfaction sebesar 0.61, yang artinya nilai tersebut mengindikasikan bahwa variabel User Satisfaction dapat dijelaskan oleh variabel Kegunaan (Usability),Kualitas Informasi (Information Quality), dan Kualitas Layanan ( Service Interaction) sebesar 67.7 %, sedangkan sisanya yaitu sebesar 39.9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model penelitian.
Kata Kunci : Website, Webqual, Importance Performance Analysis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v12i34.99

Article Metrics

Abstract view : 480 times
PDF - 385 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v12i4.99.g90

Copyright (c) 2017 Rochmat Husaini, M Suyanto, Emha Taufiq Luthfi



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.