ANALISA DAN RANCANGAN LAYANAN SMS GATEWAY BAGI SURVEILENCE AKTIF DALAM PEMANTAUAN WILAYAH SETEMPAT UNTUK KUNJUNGAN IBU HAMIL

Muhammad Diqi

Abstract


Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS KIA). adalah alat manajemen untuk melakukan pemantauan program KIA di suatu wilayah kerja secara terus menerus, agar dapat dilakukan tindak lanjut yang cepat dan tepat oleh surveilence aktif. Selama ini dalam pengumpulan data masih dilakukan dengan pendataan secara manual atau dengan aplikasi yang sudah disediakan. Namun hal tersebut menjadi kendala bagi daerah-daerah yang masih belum terjangkau infrasturktur jaringan komputer.

Perangkat mobile merupakan perangkat telekomunikasi yang sudah umum di masyarakat yang selama ini difungsikan sebagai media komunikasi dan memberikan informasi. Dari hal tersebut diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan SMS Gateway dalam PWS KIA khususnya pada layanan Ibu Hamil.

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Puskesmas dalam memantau terus-menerus PWS KIA berdasarkan data yang di informasikan oleh Surveilence Aktif melalui SMS Message

 

Kata kunci  : SMS Gateway, SMS Message, PWS KIA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v9i26.93

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF - 53 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v9i26.93.g84

Copyright (c) 2017 Muhammad Diqi



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.