PERANCANGAN E-LEARNING DI MTI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Rumini Rumini, Abidarin Rosidi, Sudarmawan Sudarmawan

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah membuat prototype e-learning yang dirancang untuk kebutuhan e-learning di (MTI) Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta dan menyusun prototype e-learning yang akan digunakan oleh pengguna yaitu dosen dan mahasiswa berdasarkan skenario pembelajaran. Metode yang dipakai adalah SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari planning, anaysis, design dan prototype.

Hasil penelitian menunjukkan skenario pembelajaran, skenario tugas dan skenario ujian yang menggunakan rancangan protoype e-learning ini. Rancangan prototype dibuat berdasakan kebutuhan pengguna yaitu dosen dan mahasiswa dengan tahapan analisis berdasarkan wawancara, penelitian terdahulu dan PERMENDIKBUD (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) no. 24 tahun 2012 tentang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh (PJJ) oleh perguruan tinggi.

Kesimpulan dari penelitian Prototype e-learning yang akan digunakan oleh pengguna yaitu dosen dan mahasiswa berdasarkan skenario pembelajaran. Skenario pembelajaran dalam prototype e-learning ini telah disesuaikan dengan skenario pembelajaran dikelas yang sebenarnya, hanya perbedaannya adalah mahasiswa dan dosen tidak bertemu langsung melainkan dengan jaringan internet. Dalam skenario pembelajaran membutuhkan tutorial, tutorial merupakan bentuk bantuan belajar sedangkan forum yang digunakan untuk forum diskusi digunakan untuk pembelajaran online.

 

Kata Kunci—e-learning, prototype, skenario pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v9i26.92

Article Metrics

Abstract view : 327 times
PDF - 146 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v9i26.92.g83

Copyright (c) 2017 Rumini Rumini, Abidarin Rosidi, Sudarmawan Sudarmawan



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.