UJI KORELASI NILAI TEKSTUR CITRA RADIOGRAF PERIAPIKAL DIGITAL DENGAN NILAI KEPADATAN MASSA TULANG

Sri Lestari

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk menentukan korelasi antara tekstur trabekula mandibula dengan nilai densitas massa tulang. Terdapat 18 wanita post-menopause sebagai subyek dalam penelitian ini. Dari masing-masing subyek diambil citra radiograf periapikal di mandibula anterior, dan dilakukan scan DEXA pada tulang pangkal paha (hip) dan tulang belakang (spine). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara nilai parameter tekstur run precentage (RP) trabekula mandibula dengan nilai densitas massa tulang hasil pengukuran DEXA.

Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui hubungan nilai parameter tekstur run precentage (RP) trabekula mandibula dengan nilai densitas massa tulang hasil pengukuran DEXA sebagai indikator osteoporosis. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif antara nilai parameter RP dengan nilai densitas massa tulang pada pangkal paha (hip) dan berkorelasi positif antara nilai RP dengan densitas massa tulang pada tulang belakang (spine) kekuatan korelasi sangat lemah dan tidak signifikan secara statistik (p > 0,05).

 

Kata Kunci : Radiografi, periapikal, BMD, tekstur, run length


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v9i26.89

Article Metrics

Abstract view : 438 times
PDF - 235 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v9i26.89.g80

Copyright (c) 2017 Sri Lestari



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.