PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMANFAATAN DANA BLM (BANTUAN LANGSUNG MASYARAKAT) BERBASIS WEB DENGAN SMS GATEWAY UNTUK KANTOR PNPM (PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT) MANDIRI PERKOTAAN KABUPATEN BANTUL

Dian Anggraini Saputri

Abstract


Selama ini laporan pemanfaatan dana BLM kantor PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Bantul sebatas berkas laporan untuk Tim Konsultan dan informasi pada website. Sedangkan masyarakat sebagai sumber data hanya memperoleh informasi pemanfaatan dana jika mengakses website PNPM-MP. Maka untuk mempercepat sharing informasi kepada masyarakat, dibutuhkan sistem informasi pemanfaatan dana BLM berbasis web yang dikembangkan dengan menggunakan SMS Gateway.

Pengembangan sistem informasi berbasis web dengan dukungan SMS Gateway bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kegiatan pemanfaatan dana BLM PNPM Mandiri Perkotaan di Kabupaten Bantul melalui SMS. Selain mengirimkan SMS informasi alokasi, pendamping, KSM, RPD, dan realisasi, sistem juga dapat mengirimkan SMS Broadcast. Sistem dibuat menggunakan PHP framework CodeIgniter versi 2.1, dengan sistem pengelolaan database MySQL yang ada dalam XAMPP versi 1.7.4, Gammu versi 1.32.0 sebagai pengelola fungsi pada handphone dan modem GSM.

Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang membantu mempermudah penyampaian informasi kepada masyarakat mengenai pemanfaatan dana BLM dengan menggunakan SMS. Pengembangan sistem informasi ini juga mampu meningkatkan transparansi dan mempermudah pengendalian kegiatan pemanfaatan dana BLM untuk kantor PNPM-MP Kabupaten Bantul.

 

Kata kunci:, framework, codeigniter, mysql, bantuan langsung  masyarakat, web, sms gateway.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v9i27.84

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 77 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v9i27.84.g75

Copyright (c) 2017 Dian Anggraini Saputri



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.