PERENCANAAN SISTEM INFORMASI STRATEGIS PADA AMIK BSI PURWOKERTO

Andi Dwi Riyanto, Abidarin Rosidi, Suparmono Suparmono

Abstract


Sistem Informasi pada sebuah Perguruan Tinggi pada saat ini telah menjad tren dan sudah umum digunakan. Namun, belum banyak Perguruan Tinggi yang memaksimalkannya. Pada penulisan tesis ini, penulis membuat perencanaan sistem informasi strategis pada AMIK BSI Purwokerto. Sistem informasi yang sudah ada, akan dimaksimalkan agar mampu memiliki kelebihan dan berpengaruh pada sisi fungsionalnya dimana fokus pembahasan dititik beratkan pada sisi penerimaan mahasiswa baru. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode Ward & Peppard fokus pada analisis SWOT.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Ward & Peppard dan metode penelitian Action research. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi identifikasi kebutuhan informasi, identifikasi faktor internal dan eksternal bisnis dan identifikasi faktor-faktor internal SI/TI. Penelitian menggunakan metode Action Research, dimana peneliti melakukan intervensi dan beberapa diskusi dilapangan.

Hasil penelitian antara lain sebuah portofolio yang dapat digunakan pada bagian penerimaan mahasiswa baru di AMIK BSI Purwokerto. Portofolio tersebut kemudian digunakan sebagai acuan guna membentuk sebuah rencana strategis masa depan TI jangka menengah.

 

Kata kunci : Sistem Informasi, Sistem Informasi Strategis, Ward & Peppard, Action Research, Penerimaan Mahasiswa Baru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i24.76

Article Metrics

Abstract view : 681 times
PDF - 296 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i24.76.g67

Copyright (c) 2017 Andi Dwi Riyanto, Abidarin Rosidi, Suparmono Suparmono



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.