PEMANTAUAN WILAYAH SETEMPAT KESEHATAN IBU DAN ANAK (PWS-KIA) BERBASIS SMS GATEWAY PADA STUDI KASUS KELUARGA BERANCANA DI KABUPATEN BANTUL

Andri Anto, Hamzah Hamzah, Herison Surbakti

Abstract


Sistem pelaporan Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA) sangat bermanfaat bagi suatu daerah dalam peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak. Dalam Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak salah satunya yaitu pemantauan Keluarga Berencana. Dalam pelaporan PWS-KIA terdapat kendala atau permasalahan yang dihadapi untuk melaporkan hasil Pemantauan Wilayah Kesehatan Ibu Dan Anak.

Pemakaian perangkat handpone dalam penyampaian informasi layanan SMS dapat membantu pelaporan dalam PWS-KIA. Sistem yang dibangun dalam pelaporan PWS-KIA dengan layanan SMS memudahkan dalam penyampaian informasi pemantauan wilayah. Sistem pelaporan PWS-KIA berbasis SMS Gateway pada studi kasus Keluarga Berencana (KB) dibangun dengan menggunakan PHP Framework YII versi 1.1.13 dan menggunakan SMS gateway dengan gammu versi 1.25.0.

Sistem yang dikembangkan  bertujuan untuk membantu bidan dalam melaporkan PWS-KIA berbasis SMS gateway pada studi kasus Keluarga Berencana yang ada di Kabupaten Bantul. Laporan PWS-KIA yang dihasilkan dapat didapatkan setiap saat.

 

Kata Kunci : Short Message Service, PWS-KIA, Keluarga Berencana Dan Bidan

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i24.75

Article Metrics

Abstract view : 914 times
PDF - 289 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i24.75.g66

Copyright (c) 2017 Andri Anto, Hamzah Hamzah, Herison Surbakti



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.