ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) ONLINE MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE DAN MCLEAN (D&M) (Studi Kasus : PMB UKDW dan PMB STMIK AMIKOM Yogyakarta)

Authors

  • Nurhasan Nugroho
  • Emma Utami
  • Emha Taufiq Luthfi

DOI:

https://doi.org/10.35842/jtir.v8i24.70

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbandingan kualitas sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) online Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan STMIK AMIKOM Yogyakarta disamping itu juga mengukur pengaruh system quality, information quality, dan service quality terhadap user satisfaction, baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri, dalam menganalisa variabel yang dominan terhadap kepuasan pengguna. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif dan teknik analisis yang digunakan adalah korelasi rank spearman dan kendall dengan skala ordinal. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penilaian tiap-tiap varaibel berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan variabel information quality berpengaruh paling dominan terhadap user satisfaction. PMB online STMIK AMIKOM Yogyakarta berdasarkan penilaian responden dirasa lebih baik dari model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean.

Kata Kunci : system quality, information quality, service quality, user satisfaction, PMB online, Delone dan Mclean.

Downloads

Published

2017-06-06

Issue

Section

EMBEDDED SYSTEM