PERANCANGAN DATA WAREHOUSE PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI XYZ MENGGUNAKAN METODE SNOWFLAKE SCHEMA

Akhmad Dahlan, Emma Utami, Emha Taufiq Luthfi

Abstract


Keberadaan Perpustakaan sebagai sebuah unit pelayanan teknis dalam sebuah perguruan tinggi adalah sangat penting untuk memberikan layanan terhadap civitas akademika. Dengan semakin banyaknya koleksi pustaka maka sistem basis data yang dibangun harus bisa meningkatkan pelayanan yang berorinetasi pada penyediaan data warehouse. Terlebih pada tingkatan manajerial memerlukan informasi yang lengkap, cepat dan akurat untuk mendukung proses dan kegiatan perencanaan, evaluasi, dan pengambilan keputusan yang tepat.

Perancangan data warehouse ditentukan oleh adanya deskripsi kebutuhan informasi yang tepat, pemilihan sumber data yang valid, perancangan data warehouse menggunakan perancangan snowflake schema, dan proses ETL untuk mengintegrasikan, mengekstraksi, membersihkan, mentransformasi serta mempopulasikannya ke dalam data warehouse. Perancangan dengan metode Snowflake schema digunakan karena untuk mengakomodasi lebih banyak tabel dimensi, karena akan memiliki sub-tabel dimensi lain sehingga bisa menghasilkan lebih banyak informasi yang akan dijadikan sebagai bahan untuk mengambil keputusan.

 

Key word : data warehouse, perpustakaan, snowflake schema, ETL.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i24.67

Article Metrics

Abstract view : 3077 times
PDF - 1273 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i24.67.g59

Copyright (c) 2017 Akhmad Dahlan, Emma Utami, Emha Taufiq Luthfi



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.