PENGARUH PENSAKLARAN VIDEO OTOMATIS (Video Automatic Switch Effect)

Irawadi Buyung, Arif Raharja

Abstract


Rangkaian pengendali kamera pengawas ini berdasarkan prinsip kerja rangkaian yang tersusun atas IC NE 555 dan IC 7401. IC ini akan dirangkai menjadi sebuah rangkaian pengendali yang berfungsi sebagai saklar pengatur isyarat masukan dari beberapa kamera digital multivideo (CMOS Color Digital Camera). Isyarat masukan yang berupa isyarat gambar (Signal Video) inilah yang akan diatur dari beberapa kamera yang dioperasikan secara bergantian.

Rangkaian pensaklaran gambar otomatis merupakan rangkaian utama pada rangkaian pensaklaran gambar yang tersusun atas IC NE 555 sebagai pewaktu (Timer) dan IC 4017 sebagai pencatat pengkodean (Decoder Counter) yang merupakan otak pada penggerak utama (Device Driver), yang dapat mengendalikan beberapa keluaran sesuai dengan masukan. IC 4017 akan membagi keluaran dengan sepuluh bagian yang sama besar untuk melakukan proses pensaklaran. Kesepuluh keluaran IC 4017 ini berbentuk isyarat digital sebagai bias basis transisitor switch, sehingga tegangan dan arus akan melewati emiter ke kolektor.

Rangkaian pencacah yang ada tersusun atas komponen IC digital yang dalam operasinya membutuhkan waktu tunda dari cacahan pertama ke cacahan berikutnya. Waktu tunda untuk CMOS biasanya cukup lama karena impendans keluarannya yang tinggi.

 

Kata Kunci : Pensaklaran Video, Isyarat Digital, Waktu Tunda


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i23.65

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 57 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i23.65.g57

Copyright (c) 2017 Irawadi Buyung, Arif Raharja



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.