PENGENALAN POLA GELOMBANG SEISMIK DENGAN MENGGUNAKAN WAVELET PADA AKTIVITAS GUNUNG MERAPI

Evrita Lusiana Utari

Abstract


Maksud dan tujuan penulisan artikel ini adalah sebagai pengenalan bagi para penulis mengenai pola seismik dengan menggunakan wavelet ( Alih ragam Gelombang Singkat)  pada aktivitas Gunung Merapi  terutama  bagi fakultas sains & teknologi prodi teknik elektro.

Data seismogram dalam suatu pemonitoran adalah data mentah yang didalamnya mengandung berbagai informasi tentang keadaan yang diamati. Alihragam gelombang-singkat merupakan metode yang dapat digunakan untuk menyajikan data dan fungsi operator ke dalam komponen-komponen frekuensi yang berlainan. Proses pengenalan pola sinyal seismik yang menggunakan alihragam gelombang-singkat memiliki peluang keberhasilan yang lebih tinggi.

Dengan alihragam gelombang­-singkat ini dimungkinkan pelokasian frekuensi-waktu. Metode Thresholding, bertujuan untuk membatasi dan menghilangkan bagian-bagian pada sinyal yang dianggap tidak banyak mengandung informasi penting. Dengan cara menentukan nilai parameter data, maka bagian-bagian yang dibatasi tersebut dapat dianggap sebagai derau yang tercampur.

 

Kata kunci : Seismik, Alihragam Gelombang-Singkat, Pengenalan Pola


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i23.64

Article Metrics

Abstract view : 600 times
PDF - 186 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i23.64.g56

Copyright (c) 2017 Evrita Lusiana Utari



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.