PERANCANGAN MODEL ROBOT PELAYAN RESTORAN DENGAN METODE EUCLIDEAN DISTANCE

Eti Nurhayati

Abstract


Penelitian dalam dunia Robotik hingga sekarang sangat pesat perkembangnya, oleh sebab itu manfaat yang bisa diberikan juga semakin banyak. Seperti halnya dalam memberikan manfaat untuk seorang pelayan restoran. Dimana Robot akan melakukan aktivitas seorang pelayan restoran pada sebuah restoran.

                Perancangan Robot pelayan restoran ini membutuhkan Gambar yang bisa bergerak agar simulasi Robot yang dihasilkan lebih menarik. Untuk mendesain gambar dibutuhkan software VRML (Virtual Reality Language), sedangkan untuk menampilkan desain gambar tersebut agar bisa bergerak sesuai keinginan perancang Robot dibutuhkan software MATLAB, untuk pengambilan jarak gerak jalan robot menggunakan metode perhitungan Euclidean Distance.

                Hasil penelitian ini adalah berupa simulasi dari perancangan Robot Pelayan restoran yang bisa melakukan aktivitas seorang pelayan restoran dalam melakukan aktivitas di restoran, yaitu mengantar makanan pada meja- meja yang ada di dalam restoran dan mengambil piring kotor yang ada di meja pelanggan.

 

Kata kunci : Perancangan Model Robot, Pelayan Restoran, Vrml, dan Matlab           


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i22.57

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 151 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i22.57.g49

Copyright (c) 2017 Eti Nurhayati



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.