SIMULASI SISTEM PENGONTROLAN SUHU PADA MESIN PENETAS TELUR BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C52

Christian Calvin Ratag

Abstract


Terjadi banyak perubahan dengan berkembangnya teknologi yang semakin cepat saat ini. Perkembangan teknologi  memiliki dampak yang sangat positif dalam kehidupan sehari-hari, yang sangat membantu aktifitas manusia pada umumnya. Teknologi bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya peternakan. Bidang peternakan sangat membutuhkan peranan teknologi. Pada awalnya dalam proses penetasan telur ayam hanya bisa dilakukan oleh induk ayam itu sendiri, namun seiring dengan perkembangan teknologi, ditemukan mesin penetas telur yang bisa digunakan untuk menetaskan telur tanpa harus dierami oleh induknya. Pola kerja mesin penetas telur  sangat memerlukan ketelitian dalam proses pengontrolan suhu.

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah simulasi sistem pengontrolan suhu pada mesin penetas telur berbasis mikrokontroler AT89C52 dan mengontrol suhu yang ada pada 38,3oC-40,5oC dan membantu proses pengontrolan suhu yang selama ini dilakukan secara manual sehingga meningkatkan ketelitian dan produktivitas peternak.

Hasil penelitian ini berupa simulasi mesin penetas telur yang dikendalikan pada suhu 38,3oC-40,5oC berbasis mikrokontroler dengan menggunakan pemrograman bahasa C, sensor suhu LM35, dan menggunakan seven segment sebagai penampil.

 

Kata kunci: Mikrokontoler, AT89C52, Penetasan Telur Ayam, LM35.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i22.54

Article Metrics

Abstract view : 658 times
PDF - 381 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i22.54.g47

Copyright (c) 2017 Christian Calvin Ratag



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.