PENDEKATAN MODEL INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL) DALAM REKAYASA SISTEM INFORMASI UNTUK PENCAPAIAN IT-GOVERNANCE

Herison Surbakti

Abstract


Suatu organisasi hendaknya menyiapkan blueprint Teknologi Informasi yang akan dipergunakan untuk mendukung proses pengolahan data  sebelum membangun dan mengimplementasikannya, yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan dalam menentukan kebijakan organisasi pada masa mendatang.

Hampir semua organisasi membutuhkan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan organisasi, namun tidak semua organisasi mempunyai blueprint Teknologi Informasi yang baik, sehingga akan mengalami kesulitan untuk mengembangkan sistem/apliksi dibidang teknologi yang dimiliki.

Kesulitan dalam membangun blueprint dan roadmap implementasi ditimbulkan akibat dari tidak adanya standar arsitektur sistem, tools pengembangan, database management system (DBMS) dan manajemen dokumen sistem. Desain perangkat lunak sangat bergantung pada struktur organisasi perusahaan karena berhubungan dengan pemeliharaan, perbaikan sistem pengujian, integrasi sistem dan pengembangan sistem yang akan dimulai dari awal, bukan melanjutkan sistem yang sudah ada.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kelancaran sistem yang sangat tergantung dari pengelolaan Teknologi Informasi, tetapi jarang sekali dilakukan dengan baik, dan oleh karena itu diperlukan suatu rekayasa sistem informasi untuk membangun infrastruktur sistem informasi dengan menggunakan sebuah framework Teknologi Informasi sebagai standar penggunaan sistem. Dengan Information Technology Infrastructure Library(ITIL) sebagai ”Best Practice” framework di bidang IT yang dicetuskan dan banyak diimplementasikan di United Kingdom (UK), diharapkan organisasi dapat memperoleh roadmap implementasi dan blueprint untuk pemanfaatan, implementasi dan penggunaan Teknologi Informasi.

 

Kata kunci : teknologi, informasi, institusi, blueprint, perancangan, sistem, pemeliharaan,

framework, best practice, infrastruktur library.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i22.52

Article Metrics

Abstract view : 502 times
PDF - 282 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i22.52.g45

Copyright (c) 2017 Herison Surbakti



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.