EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HOTEL TERHADAP PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN

Hasan Basri, M. Suyanto, M. Rudyatmo Arief

Abstract


Prospek bisnis usaha perhotelan di Yogyakarta di waktu mendatang dipandang masih baik dan menguntungkan sejalan dengan terjadinya peningkatan kunjungan wisatawan yang menggunakan sarana akomodasi hotel ke propinsi DIY. Pada sisi yang lain pertumbuhan hotel yang cukup pesat di Yogyakarta berpotensi menimbulkan terjadinya persaingan yang semakin ketat dan kompetitif.Kebutuhan akan sisteminformasi menjadi salah satu sarana penting yang perlu di evaluasi karena sistem informasi merupakan salah satu faktor penting yang berperan dalam peningkatan kinerja dan pelayanan kepada konsumen hotel. Memaksimalkan kemampuan sistem informasi berbasis komputer dalam mengelola sumber daya yang ada melalui informasi, diharapkan dapat membantu pencapaian rencana strategi perusahaan kedepannya.

Evaluasi implementasi sistem informasi Fidelio di Hotel Wisanti Yogyakarta menggunakan kerangka kerja HOT-Fit yaitu ingin diketahui kesesuaian antara dimensi manusia, organisasi, dan teknologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menguji hipotesis yang digunakan untuk mengevaluasi sistem informasi Fidelio ditinjau dari perspektif manusia (human), organisasi (organization), dan teknologi (technology) dalam menghasilkan netbenefit bagi hotel. Penyusunan rumusan strategi perusahaan di masa yang akan datang menggunakan hasil evaluasi dari framework COBIT 4.1 dengan menggunakan 2 domain yaitu: Planning and Organizing (PO), dan Monitor and Evaluate (ME).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Human, Organization, Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Benefits. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung pada variabel Human, Organization, Technology sebesar 2.491. sehingga hipotesis penelitian pada variabel ini diterima kebenarannya.

Selanjutnya dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa hubungan antara variabel bebas dalam hal ini Human, Organization dan Technology secara bersama-sama memiliki korelasi yang kuat mempengaruhi variabel Net Benefit sebesar 66,6 %, sedangkan sisanya 33,4 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil pelaksanaan auditsistem informasi menggunakan framework COBIT 4.1, diperoleh hasil kondisi tingkat kematangan pengelolaan TI di Hotel Wisanti beradapada level 2.32 pada domain Plan &Organize (PO) dan Monitoring &Evaluate (ME). Target level kematangan yang telah ditetapkan berada pada level 3.5. Terdapat total Gap sebesar 2.36.Sesuai dengan standarisasi perhitungan menggunakan framework COBIT 4.1 diperoleh hasil temuan sebagai evaluasi terhadap pengelolaan TI di Hotel Wisanti Yogyakarta. Berdasarkanhasil evaluasi tersebut,telah disusun suatu rekomendasi yang dapat dijadikan dasar untuk merumuskan strategi perusahaan secara khusus pada aspek pengelolaan teknologi informasi di Hotel Wisanti Yogyakarta.

 

Keyword: Evaluasi Sistem Informasi, Sistem Informasi Fidelio, HOT-Fit Model,  Framework COBIT, dan Perencanaan Strategi Perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v8i22.51

Article Metrics

Abstract view : 749 times
PDF - 457 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v8i22.51.g44

Copyright (c) 2017 Hasan Basri, M. Suyanto, M. Rudyatmo Arief



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.