Sistem Informasi Terintegrasi untuk Manajemen Akademik, Alumni dan Bimbingan Konseling

Lisa Wahyuni, Indra Listiawan, Zaidir Zaidir

Abstract


INTISARI

Teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan penting dalam suatu  instansi. Setiap instansi membutuhkan sistem informasi agar kinerja dapat berjalan secara teratur. Kendala yang dihadapi karena belum adanya integrasi antara akademik, alumni dan bimbingan konseling, sehingga penyajian informasi kurang cepat dan efisien. Kini sistem informasi telah mengalami perubahan menjadi sistem informasi terintegrasi, sehingga informasi dapat diperoleh dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan peng guna karena seluruh komponen telah terhubung  ke dalam satu sistem.

Penelitian dilakukan untuk menghasilkan sebuah sistem yang dapat mengintegrasikan akademik, alumni dan bimbingan konseling serta digunakan untuk pengmbilan keputusan pada masing-masing bagian. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian adalah metode waterfall. Tahapan metode waterfall yaitu analisa, desain sistem, penulisan kode program dan pengujian program.

Manfaat dari penelitian ini adalah menerapkan dan mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti perkuliahan dan dapat menghasilkan suatu sistem terintegrasi. Dalam membangun sistem terintegrasi untuk manajemen akademik, alumni dan bimbingan konseling dilakukan dengan melakukan pengambilan data, perancangan sistem, membuat program, implementasi dan pengujian sistem serta sistem yang dihasilkan dapat membantu kepala sekolah dalam pengambilan keputusan.

Kata kunciSistem Informasi Terintegrasi, Akademik, Alumni, Bimbingan Konseling.

ABSTRACT

Information and communication technology are very important in an instance. Each instance requires information system, so that performance can be run on a regular basis. Obstacles are faced because of teh existence of integration between academic, alumnus and counseling guidance, so that less information presentation quickly and efficiently. Now, information system has changed into integration so that all information can be obtained easily because all components have been connected into one system.

Research are coducted to produce a system that can integration academic, alumnus and counseling guidance, and is used for decision-making in each of these sections. System development method. Waterfall method stages are analysis, system design, program code and program testing.

The benefits of this research are to apply and practice the knowledge during the cource and can produce an integration system.  In building a system that integration the management of academic, alumnus and counseling guidance is done by program making, implementation and testing  system can assist head master is decision making.

KeywordsIntegrated Information System, Academic, Alumnus, Counseling Guidance.


Keywords


Sistem Informasi Terintegrasi, Akademik, Alumni, Bimbingan Konseling



DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v18i1.485

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35842/jtir.v18i1.485.g413

Copyright (c) 2023 Lisa Wahyuni, Indra Listiawan, Zaidir Zaidir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.