Rekayasa Sistem Informasi Terintegrasi Untuk Balai Latihan Kerja Dan Pengembangan Produktivitas Dengan Sertifikasi Berbasis Web

Ikhvani Perdana, Zaidir Zaidir, Ahmad Sahal

Abstract


INTISARI

Proses pengolahan data untuk pelatihan kerja dan sertifikasi masih menggunakan teknologi informasi yang belum maksimal karena masih menggunakan Microsoft Office sehingga pengolahan data dan penyajian informasi kurang cepat dan efisien bagi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi . Penelitian ini memiliki tujuan untuk menerapkan teknologi informasi yang terintegrasi serta mengoptimalkan kegunaan teknologi khususnya untuk proses pelatihan kerja dan sertifikasi.

Percobaan dilakukan dengan merancang dan megembangkan sebuah sistem yang dapat membantu menghasilkan informasi yang mampu membantu proses pelatihan kerja dan transmigrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall. Tahapan metode waterfall yaitu analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, penerapan program dan pemeliharaan. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu dengan PHP dan database menggunakan MySQL.

Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi terintegrasi antara pelatihan kerja dan transmigrasi yang mampu menimalisir perbedaan data peserta pelatihan kerja yang akan mengikuti sertifikasi di Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi.

Kata kunciIntegrasi, Pelatihan Kerja, Sertifikasi.

.

 

ABSTRACT

Data processing for job training and certification still use information technology that has not maximal because still using Microsoft Office so that data processing and presentation of information less quickly and efficient for Office of Manpower and Transmigration. This study aims to implement integrated information technology and optimize the usefulness of technology especially for job training and certification process.

Experiments were conducted by designing and developing a system that can help generate information that can assist in job training and transmigration process. The research method used is waterfall method. Stages waterfall method is the needs analysis, system design, program code writing, program testing, program implementation and maintenance. The programming language used is with PHP and database using MySQL.

The result of this research is to produce integrated information system between job training and transmigration that able to minimize the difference of worker trainee data that will follow the certification at the Department of Manpower and Transmigration.

Keywords—Integration, Job Training, Certification.


Keywords


Integrasi, Pelatihan Kerja, Sertifikasi



DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v18i1.484

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35842/jtir.v18i1.484.g412

Copyright (c) 2023 Ikhvani Perdana, Zaidir Zaidir, Ahmad Sahal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.