Sistem Informasi Terintegrasi Pendistribusian Bantuan Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)

Dominikus Prayitno, Zaidir Zaidir, Indra Listyawan

Abstract


INTISARI

Dalam proses pengolahan data di Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Sleman, mulai dari pengolahan data bantuan dilakukan dengan mencatat di buku catatan kemudian data dipindahkan kedalam pendataan yang menggunakan Microsoft excel, begitu juga dengan pengolahan data PMKS. Apa bila cara ini terus dilakukan maka, dampak terhadap pelayanan kepada masyarakat tidak akan ada perubahan kearah yang lebih baik, bahkan bisa menurunkan kualitas pelayanan. Sistem yang diusulkan, dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL yang didukung dengan sublime text sebagai alat untuk menyunting bahasa pemrograman, dan mesin pencari seperti Google Chrome sebagai alat untuk menampilkan hasil implementasi sistem. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan penerapan Sistem Informasi Pendistribusian Bantuan Bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosia khususnya di kabupaten Sleman, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data bantuan sampai dengan pengolahan pendistribusian bantuan.

Kata kunci—PMKS, Bantuan, Distribusi, PHP dan MySQL.

 

ABSTRACT

In the process of data processing in the Office of Labor and Social Sleman District, starting from data processing assistance is done by taking notes in the notebook then the data moved into the data collection using Microsoft Excel, as well as data processing PMKS. What if this way continues to be done then, the impact on service to the community there will be no change to the better, even can lower the quality of service. The proposed system, built using PHP programming languages, and MySQL databases supported by sublime text as a tool for editing programming languages, and search engines like Google Chrome as a tool for displaying system implementation results. The results obtained from the research and application of Distribution Information System for People with Social Welfare Problems especially in Sleman district, using PHP and MySQL programming language can facilitate and accelerate the process of data processing assistance to the processing of aid distribution.

KeywordsPMKS, Help, Distribution, PHP dan MySQL.

 


Keywords


PMKS, Bantuan, Distribusi, PHP dan MySQL



DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v18i1.483

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35842/jtir.v18i1.483.g417

Copyright (c) 2023 Dominikus Prayitno, Zaidir Zaidir, Indra Listyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.