AUGMENTED REALITY BAHASA JEPANG PADA SMA NEGERI 1 BUKATEJA

bernadhed Bernadhed, Firman Asharudin, Mulia Sulistyono

Abstract


Pembelajaran bahasa Jepang di SMA N 1 Bukateja mengalami beberapa kendala, materi pembelajaran yang kurang tepat disampaikan meliputi cara penulisan, pengucapan dan makna. Selama ini media pembelajaran bahasa Jepang di SMA N 1 Bukateja masih menggunakan media pembelajaran konvensional seperti buku atau modul. Saat ini penggunaan media tersebut dinilai kurang efektif karena siswa sering mengalami kesulitan memahami kapan kata itu digunakan, bagaimana penulisannya dan bagaimana pengucapannya.

 

Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar bahasa Jepang, diusulkan untuk membuat aplikasi berupa media pembelajaran dengan konsep augmented reality. Metode penelitian yang digunakan adalah Applied Research atau penelitian terapan yang dapat menekankan pada masalah-masalah praktis. Metode pengembangan yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Design Life Cycle). Metode perancangan menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan Metode Analisis menggunakan pohon masalah (Problem Tree Analysis).

 

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar bahasa Jepang.


Keywords


Learning Media, Augmented Reality, Japanese



DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v17i3.476

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 5 times

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35842/jtir.v17i3.476.g401

Copyright (c) 2022 bernadhed Bernadhed

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.