Penerapan Simple Queue untuk Optimalisasi Kualitas Video Conference

Andika Agus Slameto, James Tanjung

Abstract


Zoom merupakan salah satu platform video conference yang sering digunakan saat melakukan pembelajaran jarak jauh atau daring baik dikalangan siswa maupun pengajar. Namun sering sekali terdapat kendala saat menggukan zoom meeting, misalnya sering terjadi delay,suara  terputus-putus dan  kualitas  gambar  yang  tidak  bagus.  Sehingga  hal  tersebut menjadikan komunkasi antar dua arah menjadi tidak efektif.

Dengan ini penulis menganalisis masalah yang sering terjadi pada saat melakukan zoom meeting dan mengimplementasikan Simple Queue sebagai salah satu solusi terhadap masalah yang disebutkan dengan standar Quality of Service (QoS). QoS adalah kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baik pada traffic data tertentu pada berbagai jenis platform teknologi. Penelitian ini dimulai dari sebuah rancangan topologi yang akan diimplementasikan, menggunakan 1 buah modem, 1 buah router mikrotik, dan 3 user.

Hasil dari penelitian diperoleh bahwa peningkatan kualitas jaringan video conference dengan menggunakan Simple Queue memberikan hasil yang signifikan, dimana throughput mengalami kenaikan sebesar 818K, delay mengalami penurunan sebesar 5388ms, packet loss mengalami peningkatan tetapi tidak signifikan, dan parameter jitter mengalami peningkatan 5.680ms. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas jaringan internet dan menjaga kestabilan koneksi internet disaat salah satu ISP mengalami gangguan.


Keywords


Zoom Meeting, QoS, Simple Queue, Manajemen Bandwidth



DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v17i3.470

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 4 times

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35842/jtir.v17i3.470.g400

Copyright (c) 2022 Andika Agus Slameto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.