Analisis Perbandingan Quality of Service (QoS) Firmware Original TL-WR 840N Dengan Firmware Openwrt Berbasis Open Source di Kos Larissa

Yudi Sutanto, Dikky Rizal Alfianto

Abstract


Access point berfungsi sebagai pusat pengiriman dan penerimaan sinyal pada jaringan nirkabel. Performa access point dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu spesifikasi hardware dan firmware. Firmware bawaan atau firmware bawaan dari TP-LINK TL- WR840N memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan untuk mengatasi firmware bawaan adalah dengan mengupgrade firmware bawaan dengan firmware OpenWRT.

Dalam penelitian ini menggunakan parameter Quality of Service (QoS) dan metode perbandingan kuantitatif. Parameter Quality of Service (QoS), yaitu kemampuan suatu jaringan untuk memberikan pelayanan yang baik dengan menyediakan bandwidth, mengatasi jitter dan delay. Parameter Quality of Service (QoS) adalah dalay, jitter, packet loss, throughput. Quality of Service (QoS) sangat ditentukan oleh kualitas jaringan yang digunakan.

Hasil pengujian parameter bandwidth, firmware default lebih unggul dari firmware OpenWRT, sedangkan parameter throughput diketahui memiliki throughput yang lebih besar dibandingkan firmware OpenWRT daripada firmware default. Pada parameter delay diketahui bahwa delay yang dimiliki oleh firmware OpenWRT lebih unggul dari firmware bawaan, untuk parameter packet loss diketahui bahwa packet loss yang dimiliki oleh firmware OpenWRT lebih sedikit dibandingkan dengan firmware bawaan. Dan parameter jitter diketahui memiliki jitter default yang lebih sedikit daripada firmware openwrt. Dari hasil penelitian menggunakan metode perbandingan kuantitatif dengan parameter bandwidth, throughput, delay, packet loss, dan jitter menghasilkan kesimpulan bahwa firmware OpenWrt lebih unggul dari firmware bawaan.


Keywords


Quality of Service, OpenWRT, Firmware, TL-WR840N



DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v17i3.469

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 4 times

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35842/jtir.v17i3.469.g406

Copyright (c) 2022 Yudi Sutanto, Dikky Rizal Alfianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.