IMPLEMENTASI ALAT PENGUSIR HAMA BURUNG DI AREA PERSAWAHAN DENGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA168

Eduardus Tuluk, Irawadi Buyung, Ajie Wibowo Soejono

Abstract


Burung adalah salah satu jenis hama atau pengganggu yang terdapat pada area persawahan. Untuk mengusir burung di area persawahan para petani melakukannya dengan berteriak atau memasang tali-tali yang dikaitkan dengan kaleng-kaleng. Cara ini dirasa kurang efektif untuk mengusir burung, pada kondisi lain seperti halnya jika petani sakit dan tidak bisa melakukan aktivitas tersebut. Untuk menangguangi hal tersebut perlu adanya otomatisasi untuk membantu para petani dalam mengusir hama burung pada area persawahan. Salah satunya adalah dengan menciptakan piranti otomatis tersebut, agar waktu yang terbuang untuk mengusir burung bisa digunakan untuk melakukan hal yang lain.

Maka dari itu, diadakan penelitian tentang suara yang ditakuti oleh burung serta mekanisasi sebagai aleternatif untuk mendukung analisa suara yang akan dilakukan. Sebagai pengendali semua rangkaian elektronika. Rangkaian elektronika yang digunakan meliputi rangkaian mikrokontroler ATmega168., rangkaian laser (pemancar sinar), rangkaian LDR (penerima sinar) , rangkaian output suara / buzzer,  dan rangkaian penampil (LCD).

 Bedasarkan hasil penelitian, rangkaian alat ini dapat digunakan untuk mengusir hama burung pada frekuensi 20-25 KHz sesuai dengan habitat hama burung tersebut, namun dalam penelitian ini belum didapatkan secara pasti mengenai tingkat frekuensi yang dapat digunakan untuk mengusir hama burung.

 

Kata kunci : Mikrokontroler ATmega168, LDR, dan Gelombang Ultrasonik,   Alat Pengusir Burung. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.46

Article Metrics

Abstract view : 5294 times
PDF - 3342 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.46.g39

Copyright (c) 2017 Eduardus Tuluk, Irawadi Buyung, Ajie Wibowo Soejono



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.