Analisis Dan Pengembangan Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Benda Disekitar Sekolah Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity Di Paud Labiba Maulida Boyolali

Muhammad Adli, Mulia Sulistiyono, Tahajudin Sudibyo, Bernadhed Bernadhed

Abstract


INTISARI

Salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas adalah melalui pendidikan. Pendidikan dapat dilakukan sejak usia dini, dimana periode usia dini mulai dari lahir sampai usia empat tahun merupakan masa dimana anak peka dan peka untuk menerima berbagai rangsangan. Salah satu jalur pendidikan adalah Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan anak usia dini merupakan bentuk pendidikan yang mengutamakan pertumbuhan dan perkembangan. PAUD LABIBA MAULIDA yang berlokasi di Boyolali merupakan salah satu PAUD yang dalam pembelajarannya masih menggunakan ilustrasi statis khususnya untuk media pembelajaran pengenalan benda-benda di sekitar sekolah. Sehingga anak kurang mampu menangkap pelajaran dengan baik.

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya. Teknologi yang berkembang pesat memungkinkan untuk diterapkan di berbagai bidang serta sarana promosi atau informasi. Perkembangan ini didukung karena teknologi Augmented Reality mampu memberikan tampilan visual berupa objek 2D dan 3D. Aplikasi dengan teknologi Augmented Reality ini akan digunakan pada smartphone berbasis Android. Aplikasi ini dibuat untuk menampilkan visual 3D dan menyampaikan informasi tentang benda-benda di sekitar sekolah. Aplikasi ini membutuhkan kamera pada smartphone yang berguna untuk memindai objek tertentu, yang nantinya akan dimunculkan gambar visual 3D.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa augmented reality yang diimplementasikan dengan objek 3D mengenai pengenalan objek di sekitar seolah-olah mampu meningkatkan semangat belajar siswa dan proses pembelajaran berjalan lebih efektif.

Kata kunci— Liveshoot, Motion graphic, Iklan Layanan Masyarakat.

 

ABSTRACT

One effort to realize quality society is through education. Education can be done from an early age, where the early age period starting from birth until the age of four years is a time when children are sensitive and sensitive to receive various stimuli. One of the lines of education is Early Childhood Education Programs. Early childhood education is a form of education that prioritizes growth and development. PAUD LABIBA MAULIDA which is located in Boyolali is one of the Early Childhood Education which in its learning still uses static illustrations especially for learning media introduction to objects around the school. So that children are less able to catch lessons well.

Augmented Reality is a technology that combines the real world with the virtual world. Rapidly developing technology allows it to be applied in various fields as well as promotional or information facilities. This development is supported because Augmented Reality technology is able to provide visual displays in the form of 2D and 3D objects. This application with Augmented Reality technology will be used on Android-based smartphones. This application was created to display 3D visuals and convey information about objects around the school. This application requires a camera on a smartphone that is useful for scanning certain objects, which will later be raised a 3D visual image.

The results of this study indicate that augmented reality which is implemented with 3D objects regarding the introduction of objects around as if able to increase student enthusiasm for learning and the learning process runs more effectively.

Keywords: Education, Media, Augmented Reality, Unity, 3D, Technology

Keywords


Education; Media; Augmented Reality; Unity; 3D; Technology

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v17i2.455

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 4 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v17i2.455.g386

Copyright (c) 2022 Muhammad Adli, Mulia Sulistiyono, Tahajudin Sudibyo, Bernadhed Bernadhed

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.