Analisa Pengaruh Iklan Dari Aplikasi Design Canva Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm

Imron Imron, Danny Ong, Andriansah Andriansah

Abstract


INTISARI

Inovasi dalam persaingan bisnis usaha yang semakin luas tidak hanya terletak pada seberapa canggih sistem yang digunakan oleh perusahaan dalam skala kecil hingga besar akan tetapi inovasi dari bagaimana cara memperkenalkan suatu usaha bisnis kepada masyarakat juga memiliki suatu peran yang sangat besar dan bernilai karena pola konsumen lebih banyak akan memiliki rasa percaya kepada suatu usaha yang memang sudah dikenal oleh banyak kalangan sehingga secara tidak langsung akan memiliki dampak positif dalam keuntungan penjualan pada suatu unit usaha. Brand Image yang sebagian besar terletak dalam sebuah produk yang dijual oleh unit usaha memang selalu mejadi fokus utama akan tetapi membangun citra usaha bisnis juga memiliki peranan penting seperti pada kasus Apple dimana produk yang dihasilkan oleh Apple dengan kualitas yang mirip dengan produk sebelumnya akan selalu dipandang baik karena adanya brand image yang kuat dari perusahaannya. Hal ini juga tidak berbeda jauh dengan UMKM pada umumnya yang melakukan penjualan produk karena dengan sebuah UMKM dikenal maka kepercayaan dan daya tarik beli dari masyarakat kepada UMKM tersebut secara tidak langsung juga akan meningkat secara signifikan.  Sehingga membangun informasi terhadap produk ataupun UMKM pada sebuah unit usaha atau pemberian informasi kepada masyarakat akan secara tidak langsung menambah kesempatan berkembangnya bisnis. UMKM merupakan suatu kelompok yang menggambarkan usaha kecil menengah yang banyak tersebar di wilayah-wilayah seluruh Indonesia, diantara UMKM juga bukan berarti tidak memiliki persaingan, hal ini dapat dilihat dari banyak UMKM sejenis dari sisi produk yang menempel satu sama lain sehingga peranan design dan inovasi dalam memberikan gambaran serta informasi usaha dan produk akan memiliki peranan penting seperti pemanfaatan sosial media pada pembuatan design, foto hingga brosur elektronik akan memberikan nilai tambah bagi UMKM tersebut untuk menjadi pembeda diantara persaingan UMKM yang serupa. Salah satu pembuatan media inovasi ini dapat dilakukan dengan canva, yang merupakan perangkat lunak yang dapat membantu pelaku UMKM dalam membuat perancangan dengan aplikasi design inovasi tanpa membutuhkan usaha yang keras dan sangat cepat dalam penyelesaian. Dalam adanya pemanfaatan inovasi ini sangat jelas memberikan suatu keuntungan bagi UMKM dalam memasarkan usaha dan produknya karena menjadi pembeda di antara UMKM lainnya sehingga diharapkan kedepannya keuntungan yang telah diperoleh dari pemanfaatan canva untuk pembuatan inovasi ini akan dapat dijalankan dan memberikan keuntungan secara berkala bagi pelaku usaha.

Kata kunci Canva, Aplikasi Perancangan, Penjualan, Nilai, Inovasi.

             

ABSTRACT

Innovation in business competition that is increasingly widespread lies not only in how sophisticated the system used by companies on a small to large scale is, but innovation in how to introduce a business business to the public also has a very large and valuable role because consumer patterns are more numerous. will have a sense of trust in a business that is already known by many people so that it will indirectly have a positive impact on sales profits in a business unit. Brand Image, which is mostly located in a product sold by business units, has always been the main focus, but building a business image also has an important role, as in the case of Apple where products produced by Apple with similar quality to the previous product will always be viewed as good. because of the strong brand image of the company. This is also not much different from MSMEs in general who sell products because with a known MSME, trust and buying attractiveness from the public to these MSMEs will indirectly increase significantly. So that building information on products or SMEs in a business unit or providing information to the public will indirectly increase business development opportunities. MSMEs are a group that describes small and medium-sized enterprises that are widely spread throughout Indonesia, among MSMEs also does not mean that there is no competition, this can be seen from the many similar MSMEs in terms of products that stick to each other so that the role of design and innovation in providing an overview and information on business and products will have an important role such as the use of social media in making designs, photos and electronic brochures will provide added value for these SMEs to be a differentiator between similar SMEs competition. One of the ways of making this innovation media can be done with Canva, which is software that can help MSME actors in making designs with innovative design applications without requiring hard effort and very fast in completion. In the use of this innovation, it is very clear that it provides an advantage for MSMEs in marketing their business and products because it is a differentiator among other MSMEs so that it is hoped that in the future the benefits that have been obtained from using Canva for making this innovation will be able to run and provide periodic benefits for business actors.

Kata kunci Canva, Design Application, Sales, Value, Innovation


Keywords


Canva; Design Application; Sales; Value; Innovation

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v17i2.452

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF - 5 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v17i2.452.g383

Copyright (c) 2022 Imron Imron, Danny Ong, Andriansah Andriansah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.