Perbandingan Metode MPE dan WASPAS dalam Menentukan Guru Teladan : Studi Kasus di PKBM Surya Harapan Kota Tangerang

Andri Kusuma Wardana, Neneng Yeni Rira, Lina Sari

Abstract


INTISARI

Dalam penilaian guru teladan pada PKBM Surya Harapan yang sedang  berkembang  untuk  disetarakan  oleh  sekolah  pada  umumnya.  Saat  ini  pihak Kepala Sekolah dan Wakasek serta Manajemen rentan mengalami kesalahan dalam pengambilan keputusan karena dengan melakukan analisa terhadap rekomendasi atasan (Kepsek) yang belum secara numerik. Selain itu, dengan penilaian hanya berdasarkan aspek rekomendasi atasan saja ditemukan bahwa dengan data penilaian rekomendasi atasan yang sama akan tetapi pihak manajemen mengambil keputusan yang berbeda. Oleh karena itu diusulkan suatu model sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan penilaian guru teladan secara numerik berdasarkan kebutuhan oleh pihak Kepsek dan Manajemen. Metode perhitungan sampel alternatif pada penelitian ini menggunakan Metode MPE dan WASPAS yang sebelumnya sudah dilakukan pengukuran performance menggunakan metode confusion metrix untuk mendapatkan metode manakah terbaik. Hasil  perbandingan  metode  antara  MPE  dan  WASPAS  yang  terbaik  adalah  MPE, dimana dengan uji Confusion Matrix MPE mendapat nilai 100% dan didukung dengan uji  rank  spearman  mendapat  nilai  0,  9152.  Adapun  untuk  kriteria  -  kriteria  usulan meliputi profesionalisme, kompetensi pedagogic, kepribadian dan sosial. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang sumber pengumpulan datanya melalui  observasi,  wawancara,  studi  pustaka,   kuisioner  dan  dokumentasi.  Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan model sistem pendukung keputusan penilaian guru teladan pada PKBM. Selain itu, untuk menentukan kriteria dan metode perhitungan alternatif untuk penilaian guru teladan pada PKBM Surya Harapan Kota Tangerang.

Kata kunci— Penilaian, Guru, Teladan, MPE, WASPAS, Confusion Metrix.

 

ABSTRACT

Abstract—In the assessment of exemplary teachers at the Surya Harapan PKBM which is developing  to  be  equalized  by  schools  in  general.  Currently  the  Principal  and  Vice Principal and Management are prone to making mistakes in decision making because by analyzing the recommendations of superiors which have not been numerical. In addition, with the assessment only based on the supervisor's recommendation aspect, it was found that with the same supervisor's recommendation assessment data, the management took different  decisions.  Therefore,  a  decision  support  system  model  is  proposed  that  can perform a numerical assessment of exemplary teachers based on the needs of the Principal and Management. The alternative sample calculation method in this study uses the MPE and WASPAS methods, which have previously been measured using the confusion matrix method to get which method is the best. The results of the comparison of methods between MPE and WASPAS the best is MPE, where the Confusion Matrix MPE test gets a score of 100% and is supported by the Spearman rank test gets a value of 0.9152. The proposed criteria  include  professionalism,  pedagogic  competence,  personality  and  social.  The research was conducted using a quantitative approach, the sources of which were to collect data through observation, interviews, literature studies, questionnaires and documentation. The purpose of this study was to develop a model of a model teacher assessment decision support system in PKBM. In addition, to determine the criteria and alternative calculation methods for the assessment of exemplary teachers at PKBM Surya Harapan Tangerang City.

Keywords— Assessment, Teacher, Exemplary, MPE, WASPAS, Confusion Metrix.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v17i1.442

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 27 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v17i1.442.g381

Copyright (c) 2022 Andri Kusuma Wardana, Neneng Yeni Rira, Lina Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.