SISTEM PEMANTAUAN AKTIVITAS MELAUT DAN STATISTIK HASIL PERIKANAN TANGKAP BERBASIS TEKNOLOGI MOBILE

Pancasakti Fajarrullah

Abstract


Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul selama ini belum dapat memantau aktivitas melaut dan hasil tangkapan ikan per hari per nelayan secara langsung, melainkan petugas dinas secara periodik harus mendatangi tempat pelelangan ikan untuk mengetahui hasil tangkapan ikan atau mendatangi paguyuban kelompok nelayan untuk mengetahui nelayan yang aktif melaut dalam kelompoknya.

                   Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pemantauan aktivitas melaut dan statistik hasil perikanan tangkap berbasis mobile. Metodologi penelitian menggunakan teknik observasi dan wawancara pada Bidang Kelautan dan Perikanan Tangkap di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul untuk pengumpulan data dan analisis studi kelayakan. Batasan dalam penelitian ini adalah back-end wapsite hanya berupa prototype menggunakan emulator, back-end website hanya untuk layanan admin, sedangkan front-end website dibuat untuk layanan pengunjung dan member.

                   Hasil pengembangan sistem bermanfaat bagi dinas untuk memantau data aktivitas melaut para nelayan sehingga pengumpulan data hasil tangkapan ikan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Selain itu, hasil pengembangan sistem juga bermanfaat bagi pengepul ikan untuk memperoleh informasi persediaan ikan pada setiap paguyuban kelompok nelayan.

 

kata kunci :  mobile, wapsite, perikanan tangkap.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.44

Article Metrics

Abstract view : 555 times
PDF - 341 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.44.g37

Copyright (c) 2017 Pancasakti Fajarrullah



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.