Analisis Produksi Media Dan Bibit Jamur (Baglok) Menggunakan Metode Forecasting Statistical Straight Line

Dwi Nurani

Abstract


INTISARI

Prediksi pendapatan penjualan produk dimasa depan dimaksudkan untuk mengendalikan jumlah stok produk yang ada, agar kekurangan atau kelebihan stok produk dapat diminimalkan.

Ketika pendapatan penjualan dapat diprediksi dengan akurat maka pemenuhan permintaan konsumen dapat diusahakan tepat waktu dan kerjasama perusahaan dengan relasi tetap terjaga dengan baik sehingga perusahaan dapat terhindar dari kehilangan penjualan maupun konsumen. Saat ini pengadaan stok barang hanya berdasarkan permintaan dari konsumen. Sehingga hal tersebut dapat memicu adanya kekurangan bahkan penumpukan stok barang yang bisa mengakibatkan beberapa kerugian dan kurang efisien.

Agar dapat memprediksi pendapatan penjualan produksi Media dan Bibit Jamur (Baglok) dimasa depan diperlukan suatu analisis akurasi prediksi Untuk mengoptimalkan prediksi dimasa depan penulis menggunakan metode peramalan (Forecasting) dengan menggabungkan metode Statistical Straight Line. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas tentang peramalan (Forcesting) berbasis website, sehingga dapat memudahkan baik dari perusahaan untuk mengukur prediksi pendapatan dimasa depan dan permintaan konsumen tetap terjaga.

Kata kuncimedia dan bibit jamur (baglok), peramalan, statistical stright line.

 

ABSTRACT

Prediction of future product sales revenue is intended to control the amount of existing product stock, so that the shortage or excess product stock can be minimized.

When sales revenue can be predicted accurately, the fulfillment of consumer demand can be managed on time and the company's cooperation with relationships is maintained properly so that the company can avoid losing sales and consumers. Currently, the procurement of stock of goods is only based on requests from consumers. So that this can trigger a shortage and even buildup of stock of goods which can result in some losses and is less efficient.

In order to predict future sales revenue of Media and Mushroom Seedlings (Baglok) an analysis of prediction accuracy is needed. To optimize future predictions the author uses the forecasting method (Forecasting) by combining the Statistical Straight Line method. Therefore, this study will discuss website-based forecasting (Forcesting), so that it can make it easier for both companies to measure future income predictions and maintain consumer demand..

Kata kunci media and mushroom seeds (baglok), forecasting, statistical stright line.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v17i1.436

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF - 28 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v17i1.436.g375

Copyright (c) 2022 Dwi Nurani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.