SISTEM PENCOCOKAN POLA UNTUK PENYESUAIAN WAJAH TERHADAP MODEL RAMBUT DENGAN METODE RADIAL BASIS FUNCTION MENGGUNAKAN WEBCAM

ATANASIO AMARO PEREIRA

Abstract


Pencocokan pola wajah (Pattern Matching) merupakan sistem pencocokan pola wajah terhadap salah satu objek dalam hal ini model rambut. Dalam proses pengolahan dan analisis pola tersebut banyak melibatkan persepsi visual. Dengan memanfaatkan Webcam teknik pencocokan pola ini dilakukan dengan menggabungkan wajah dan skema model rambut melalui metode Radial Basis function (RBF). Maka secara otomatis sesuai dengan persentase kecocokan. Sehingga sistem akan menghasilkan foto hasil akhir yang berkualitas sesuai dengan keinginan pelanggan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membangun aplikasi pencocokan pola wajah secara otomatis dengan model rambut menggunakan webcam, serta membuat koneksi database dengan sistem aplikasi pencocokan pola wajah terhadap model rambut yang telah dibangun. Disamping itu memberikan solusi kepada Pelanggan untuk mempermudah dalam memilih model potongan rambut sesuai dengan selera jika model rambut tidak sesuai berdasarkan proses persentase yang ditampilkan.

Hasil dari penelitian ini adalah sistem aplikasi pencocokan pola yang merupakan perpaduan antara wajah dan model rambut melalui proses Radial Basis Function dengan menggunakan bahasa pemrograman, database serta pemanfaatan teknologi webcam. Disamping itu didapatkan juga beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam penerapan sistem pencocokan pola wajah terhadap model rambut khususnya penggunaan biaya yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Kata kunci: Webcam, Pencocokan Pola, Metode RBF,  PHP,  MySQL


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.43

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF - 128 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.43.g36

Copyright (c) 2017 ATANASIO AMARO PEREIRA



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.