Penerapan Sistem Pengarsipan Digital Sebagai Pendukung Pengelolaan Arsip Digital Pada Program Studi (Studi Kasus: Program Studi D3 Manajemen Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta)

Ahmad Sahal, Sugeng Winardi

Abstract


INTISARI

Perkembangan ilmu  Ilmu Teknologi Informasi saat ini sangat cepat, sehingga dapat dimanfaatkan untuk efisiansi dalam pengolahan suatu arsip dengan memanfaatkan arsip dalam bentuk arsip digital. Penelitian ini selain merancang Sistem Informasi Kearsipan Data Digital pada Program Studi juga diharapkan dapat di terapkan secara nyata hasilnya.

Skema pengembangan suatu aplikasi yang digunakan untuk rancangan sistem kearsipan digital, menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Pembuatan prototype yang dibangun dengan Computer Aided Software Engineering (CASE) yang berfungsi memasukkan persyaratan, mengkonversi mereka ke model data, mengubah model data ke database, dan menghasilkan kode semua dalam satu perangkat, akan tetapi dalam hal ini masih dalam tahap rancangan dan prototipe, walaupun pada dasarnya dapat di implementasikan.

Dari penelitian yang sudah dilakukan telah dihasilkan Sistem Pengarsipan Digital yang berupa software Aplikasi secara multi user yang dapat digunakan untuk membangun kearsipan digital di program studi dan dapat di Implementasikan.

Kata Kunci: Prototype Arsip Digital, database,Impelementasi Web base

 

 

ABSTRACT

The development of Information Technology Science is currently very fast, so it can be used for efficiency in processing an archive by utilizing archives in the form of digital archives. In addition to designing a Digital Data Archive Information System in the Study Program, this research is also expected to be able to implement real results.

Schematic of developing an application that is used to design a digital archive system, using the Rapid Application Development (RAD) method. Prototyping built with Computer Aided Software Engineering (CASE) which enters requirements, enters their data into the model, converts the data model to a database, and generates code all in one device, but in this case it is still in the design and prototype stages, although basically can be implemented.

From the research that has been done, a Digital Archiving System has been produced in the form of multi-user application software that can be used to build digital archives in study programs and can be implemented.

Keywords: Digital Archive Prototype, database, Web base implementation


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v16i3.422

Article Metrics

Abstract view : 720 times
PDF - 134 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v16i3.422.g364

Copyright (c) 2021 Ahmad Sahal, Sugeng Winardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.