PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI PENGINGAT BATAS WAKTU PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA MELALUI LAYANAN SMS GATEWAY

Ridwan Sitepu

Abstract


Dewasa ini perkembangan teknologi komunikasi semakin berkembang pesat.Salah satu teknologi yang sangat digemari masyarakat dan perkembanganya semakin maju adalah handphone.Handphone merupakan alat komunikasi yang efektif dan sifatnya yang personality.Selain sebagai alat komunikasi, handphone saat ini dijadikan sebagai alat untuk menyebarkan atau menerima informasi. Salah satu bentuk informasi yang disampaikan ke handphone adalah melalui layanan SMS(Short Message Service) dengan memanfaatkan Gammu sebagai pentransfer data-data dari handphone/mobile modem ke komputer atau sebaliknya dan Wireless Application Protocol (WAP) sebagai protokol handphone.

Perpustakaan merupakan gudang ilmu pengetahuan yang sangat penting dan digemari masyarakat.Perpustakaan salah satu tempat dimana kita bisa melakukan membaca buku dan melakukan peminjaman buku.Sebagai salah satu tempat yang digemari masyarakat untuk meminjam buku, perpustakaan sering menghadapi masalah dengan pengembalian buku yang di pinjam oleh anggotanya, kadang buku yang dipinjam lupa untuk dikembalikan.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah model sistem dimana sistem yang dibuat dapat mengingatkan waktu peminjaman buku kepada anggota yang meminjam buku di Perpustakaan Kota Yogyakarta.  

Kata Kunci : wap, gammu, sms gateway, perpustakaan, dan handphone


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.42

Article Metrics

Abstract view : 548 times
PDF - 409 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.42.g35

Copyright (c) 2017 Ridwan Sitepu



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.