ANALISIS DAN DESAIN ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI PELAPORAN KERUSAKAN KOMPUTER DENGAN ZACHMAN FRAMEWORK

Andika Agus Slameto, Emma Utami, Abas Ali Pangera

Abstract


Dalam pembangunan sebuah sistem informasi dibutuhkan perencanaan yang baik agar sistem informasi yang dikembangankan dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan bisnis.Sehingga data dan informasi yang dihasilkan dapat berkualitas, konsisten dan tidak terpisah-pisah.

Langkah pertama dalam pembangunan sistem informasi yang terintegrasi adalah Planningyang menggambarkan perencanaan strategi sistem informasi dalam mendukung kebutuhan bisnis (James Martin, 1989). Spewak (1992) mengembangakan sebuah metode Enterprise Architecture Planning (EAP) untuk perencanaan pengembangan sisem informasi.

Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Zachman Framework.Dimana Zachman merupakan salah satu metode EAP yang banyak digunakan diseluruh dunia dalam perancangan sistem dimana didalam metode ini perencanaan dilakukan dengan langkah-langkah yang sistematis, mudah dipahami dan dapat dijadikan kontrol untuk pengembangan sistem informasi ke depan.

                Hasil dari penelitian ini adalah berupa blue print rancangan sistem yang dipetakan didalam bentuk matrik Zachman yang berjumlah 36 selyang terdiri dari 6 kolom dan 6 baris. Dimana masing-masing baris mewakili berbagai sudut pandang yang berbeda-beda. Dari hasil blue print tersebut kemudian diimplementasikan kedalam sebuah prototype sistem.

 

Kata Kunci: Zachman Framework, Enterprise Architecture Planning (EAP),Sistem Pelaporan Kerusakan, Organisasi, Teknologi Informasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.41

Article Metrics

Abstract view : 3815 times
PDF - 967 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.41.g34

Copyright (c) 2017 Andika Agus Slameto, Emma Utami, Abas Ali Pangera



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.