Sistem Absensi dan Monitoring Marketing Arteri Pondok Indah Divisi Used Car Menggunakan Metode Algoritma K-Nearest Neighbor dan Naive Bayes pada PT BCA Finance

Andri Kusuma Wardana, Febriani, Arief Sabarudin, Muhammad Rahman Saleh

Abstract


INTISASI

 Di era globalisasi sekarang ini, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak orang berharap agar segala sesuatu menjadi lebih praktis, saat ini dibutuhkan sistem untuk melakukan tracking yang mereka lakukan saat bekerja. Salah satu solusi dari masalah ini adalah adanya sistem monitoring terhadap sales dalam melakukan pekerjaannya dalam penjualan, sehingga di sini penulis akan menggunakan k-nearest neighbor dan Naive Bayesian sebagai metode untuk klasifikasi dalam proses absensi sales. Uji coba telah dilakukan untuk menguji fungsionalitas dari sistem yang dibuat. Pengujian akurasi untuk pendeteksi tanda tangan sebagai validasi dalam absensi dengan metode klasifikasi Naive Bayesian memberikan hasil dengan tingkat akurasi yang baik. Dengan sistem absen tanda tangan ini setiap sales tidak dapat melakukan absen jika data akun saat login tidak sesuai. GPS dapat digunakan untuk mengetahui posisi letak  keberadaan sales dalam melakukan tracking pekerjaan yang akan di rekam setiap 10 menit sekali. Sistem tracing dengan GPS ini berfungsi untuk mengetahui posisi sales saat melakukan absen, istirahat, kembali bekerja, absen pulang, dan tracking per 10 menit.

 Kata Kunci : k-nearest neighbor, naive  bayes, gps.

 

                                                  ABSTRACT

 In today's era of globalization, along with the development of technology, many people hope that everything becomes more practical, now a system is needed to track what they do while working. One solution to this problem is the existence of a monitoring system for sales in doing their work in sales, so here the author will use k-nearest neighbor and Naive Bayesian as a method for classification in the sales attendance process. Trials have been carried out to test the functionality of the system created. Testing accuracy for signature detection as validation in attendance with the Naive Bayesian classification method gives results with a good level of accuracy. With this signature absent system, every salesperson cannot perform an absence if the account data at login does not match. GPS can be used to find out where the sales are in tracking jobs which will be recorded every 10 minutes. This tracing system with GPS functions to find out the position of sales when taking absences, resting, returning to work, absent from home, and tracking every 10 minutes.

 Keywords: k-nearest neighbor, naive bayes, gps.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v16i2.408

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 18 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v16i2.408.g354

Copyright (c) 2021 Andri Kusuma Wardana, Febriani, Arief Sabarudin, Muhammad Rahman Saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.