Analisis Perbandingan Efisiensi Waktu Antara Overclock RAM Dengan Overclock Prosesor Pada Proses Render Audio

Muhammad Fakhrizal S, Eli Pujastuti

Abstract


INTISARI

Pesatnya perkembangan dalam dunia teknologi menuntut adanya kebutuhan pengguna dalam mendapatkan performa yang maksimal dengan harga yang terjangkau, overclock memungkinkan peningkatan variable suatu komponen melebihi batas, sehingga bisa bekerja lebih cepat. Overclock biasanya dilakukan untuk meningkatkan performa saat bermain game, proses editing atau render. Overclock perlu dengan pengukuran yang tepat sesuai kebutuhan. Overclock untuk kebutuhan gaming tentu saja berbeda dengan kebutuhan render audio. Render audio dipengaruhi oleh komponen processor dan RAM tanpa kartu grafis. Komponen yang paling efisien untuk dilakukan overclocking menjadi perhatian dalam penelitian ini. Eksperimen menjadi metode pengujian antara overclock RAM dan Prosessor. Secara default waktu yang dibutuhkan untuk render audio adalah rata- rata 184.456 detik. Overclock processor mempercepat 11.345 detik dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan menjadi 173.111 detik. Sedangkan overclock RAM mempercepat hanya sebesar 2.173 detik dari waktu default yaitu rata-rata overclock RAM adalah 182.283 detik..

Kata kunciOverclock, Prosessor, Render Audio, RAM.

 

ABSTRACT

The rapid development in the world of technology demands the need for users to get maximum performance at an affordable price, overclocking allows increasing the variable of a component to exceed the limit, so that it can work faster. Overclocking is usually done to improve performance when playing games, editing or rendering processes. Overclocked with the right measurements as needed. Overclocking for gaming needs is, of course, different from audio rendering needs. Audio rendering is affected by processor and RAM components without a graphics card. The most efficient component for overclocking is a concern in this study. Experiment becomes a test method between overclock RAM and processor. By default the time it takes to render audio is an average of 184,456 detik. The overclocked processor accelerates 11,345 detik with an average time needed to be 173,111 detik. Meanwhile, the RAM overclock accelerates only 2,173 detik from the default time, that is, the average RAM overclock is 182,283 detik

Kata kunci Overclock, Processor, Render Audio, RAM

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v16i2.398

Article Metrics

Abstract view : 317 times
PDF - 28 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v16i2.398.g344

Copyright (c) 2021 Muhammad Fakhrizal S, Eli Pujastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.