Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Di Apotek Ben Do Sehat Pahonjean

Dede Yusuf, Ajeng Diana Sukma

Abstract


INTISARI

Apotek merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau. Apotek adalah tempat dilakukannya kegiatan pelayanan kefarmasian oleh apoteker. Persaingan bisnis apotek saat ini semakin ketat, pemilik bisnis apotek harus pandai melakukan strategi inovasi-inovasi untuk meningkatkan daya saing. Sehubungan dengan adanya masalah bagaimana penggunaan analisis SWOT dalam pengambilan keputusan sebagai strategi meningkatkan daya saing pada apotek Ben Do Sehat Pahonjean. Maka dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis SWOT melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan faktor-faktor internal dan eksternal dari apotek Ben Do Sehat Pahonjean. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada pemilik apotek, karyawan dan masyarakat sekitar apotek. Hasil wawancara dimasukkan ke dalam matriks IFAS dan EFAS untuk selanjutnya dibuat diagram analisis SWOT. Dari diagram analisis SWOT dalam penelitian ini menunjukan analisis SWOTnya berada pada kuadran I yang artinya dalam meningkatkan daya saing apotek Ben Do Sehat Pahonjean dapat menggunakan strategi SO (Strenght and Opportunities) dengan memanfaatkan kekuatan secara maksimal dan peluang yang ada untuk memenangkan persaingan.

 

Kata Kunci apotek, analisis SWOT, strategi

 

ABSTRACT

Pharmacy is a health service facility that is easily accessible. Pharmacy is a place where pharmacist service activities are carried out. The competition in the pharmacy business is getting tighter, pharmacy business owners must be clever in implementing innovative strategies to increase competitiveness. In connection with the problem of how to use SWOT analysis in decision making as a strategy to increase competitiveness at the Ben Do Sehat Pahonjean pharmacy. So in conducting this research, the researcher used the SWOT analysis method through a descriptive qualitative approach that describes the internal and external factors of the Ben Do Sehat Pahonjean pharmacy. Data collection was carried out by interviewing the owner of the pharmacy, employees and the community around the pharmacy. The results of the interview were entered into the IFAS and EFAS matrices to then make a SWOT analysis diagram. From the SWOT analysis diagram in this study, it shows that the SWOT analysis is in quadrant I, which means that in increasing the competitiveness of the Ben Do Sehat Pahonjean pharmacy, it can use the SO (Strength and Opportunities) strategy by maximizing the strengths and opportunities available to win the competition.

 

Keywords pharmacy, SWOT analysis, strategy


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v16i1.385

Article Metrics

Abstract view : 1528 times
PDF - 506 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v16i1.385.g334

Copyright (c) 2021 Dede Yusuf, Ajeng Diana Sukma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.