PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA TI DENGAN MENGGUNAKAN CONTROL OBJECTIVE PLAN AND ORGANIZE PADA FRAMEWROK COBIT STUDI KASUS SEKOLAH TINGGI XYZ

Rizqi Sukma Kharisma, Kusrini Kusrini, Emha Taufiq Luthfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan tata kelola TI di Sekolah Tinggi XYZ. Batasan variabel penelitian ini adalah pengukuran tingkat kematangan tata kelola TI di Sekolah Tinggi XYZ menggunakan framework COBIT pada domain Plan and Organize (PO). Terdapat dua bagaian di Sekolah Tinggi XYZ yang menjadi obyek penelitian yaitu Innovation Center dan Bagian Administrasi Akademik. Dengan melakukan penelitian ini akan diperoleh kondisi existing tingkat kematangan tata kelola TI di Sekolah Tinggi XYZ yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi tata kelola TI ke depan. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa tingkat kematangan exsisting Sekolah Tinggi XYZ sebgai berikut : PO1 tingkat kematangan 3, PO3 tingkat kematangan 3, PO 7 tingkat kematangan 3 dan PO9 tingkat kematangan 2.

Kata Kunci : Tata Kelola TI, Cobit, PO


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.38

Article Metrics

Abstract view : 387 times
PDF - 274 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i21.38.g31

Copyright (c) 2017 Rizqi Sukma Kharisma, Kusrini Kusrini, Emha Taufiq Luthfi



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.