Tingkat Akurasi Pengenalan Isyarat Tuna Rungu Menggunakan SVM dengan Fitur Lokal ORIENTED FAST AND ROTATED BRIEF “ORB” dan ADAPTIVE AND GENERIC ACCELERATED SEGMENT TEST “AGAST”

M Ozzy Calvin Rendy

Abstract


Perkembangan teknologi berbasis komputer visual yang berkembang sangat pesat dalam memenuhi kebutuhan era teknologi seperti saat ini. Teknologi komputer visual yang dapat membantu dalam berbagai bidang seperti tracking plat nomor kendaraan, pengenalan wajah, tracking wajah, dan lain – lain. Yang dimana teknologi komputer vision membantu dalam berbagai bidang seperti halnya gerakan isyarat tuna rungu yang harus di perhatikan lebih yang dikarnakan tidak semua orang mengetahui gerakan gerakan Bahasa isyarat tuna rungu dan penelitian ini meneliti tentang performa akurasi algoritma fitur lokal ORIENTED FAST AND ROTATED BRIEF “ORB” dan ADAPTIVE AND GENERIC ACCELERATED SEGMENT TEST “AGAST” dalam mentracking gerakan isyarat tuna rungu. Hasil dari penelitian ini akan memaparkan perbandingan akurasi dari algoritma ORB dan AGAST yang bertujuan agar teknologi berbasis komputer visual dapat berkembang lebih jauh lagi dengan adanya penelitian ini.

Kata kunci— ORB, AGAST, gerakan isyarat tuna rungu, komputer vision, fitur lokal..


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v15i2.379

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 48 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v15i2.379.g330

Copyright (c) 2021 M Ozzy Calvin Rendy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.