PENGARUH KEAMANAN, INTEGRITAS, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KINERJA E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Pelanggan E-Commerce Kotakom.com)

Zaipin Zaipin, M. Suyanto, Andi Sunyoto

Abstract


Potensi keuntungan berbisnis menggunakan e-commerce sangat besar. Di balik potensi keuntungan tersebut terdapat potensi resiko yang sangat tinggi. Oleh karena itu meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja e-commerce menarik untuk dilakukan. Penelitian ini membahas empat variabel yang terdiri dari tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independennya meliputi keamanan, integritas, dan kepercayaan. Sedangkan variabel dependennya kinerja e-commerce.

Tujuan penelitian ini yang pertama untuk menganalisis pengaruh variabel keamanan terhadap kinerja ecommerce. Kedua untuk menganalisis pengaruh integritas perusahaan terhadap kinerja e-commerce. Ketiga untuk menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap kinerja e-commerce.

Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil sampel konsumen e-commerce di Kotakom.com. Instrumen utama pengumpulan data berupa kuesioner dan diukur dengan skala likert. Kuesioner dikirim ke responden melalui email. Jumlah sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 131 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi linier berganda dan korelasi.

Hasil analisis yang didapat keamanan dan integritas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja e-commerce

Keamanan tidak berpengaruh signifikan disebabkan oleh konsumen hanya memilih dan memesan barang saja melalui web Kotakom.com. Sedangkan pembayaran mereka lakukan melalui jasa keuangan yang telah mereka tunjuk. Selain itu konsumen tidak mengetahui bahwa data pribadi mereka bisa disalahgunakan yang bisa merugikan. Sehingga indikator keamanan yang terdiri dari perusahaan akan menjamin privasi pelanggan, data pribadi pelanggan tidak akan diberikan kepada pihak lain, aman dari cybercrime, aman dari virus, perusahaan akan mengganti kerugian tidak berpengaruh signifikan.

Integritas perusahaan tidak berpengaruh karena barang yang dijual sudah jelas spesifikasinya dan sudah digaransi oleh pemegang merk melalui service center. Oleh karena itu konsumen tidak mengkhawatirkan integritas penjual tetapi integritas merk dagang. Selain itu  konsumen tidak tahu lokasi dan bentuk perusahaan. Konsumen juga tidak tahu bahwa perusahaan akan merahasiakan sesuatu, perusahaan akan mengirim barang sesuai pesanan, perusahaan akan melakukan layanan terbaik.

Kepercayaan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja e-commerce di Kotakom.com. Jadi toko online seharusnya memiliki desain web menarik, mudah dipahami, memiliki email khusus perusahaan, company profile yang menarik, memiliki kontak pelanggan, dan testimony konsumen yang bisa dihubungi.

 

Kata-kata kunci: e-commerce, keamanan, integritas, kepercayaan, kinerja. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v7i20.36

Article Metrics

Abstract view : 737 times
PDF - 627 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v7i20.36.g29

Copyright (c) 2017 Zaipin Zaipin, M. Suyanto, Andi Sunyoto



     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: [email protected] Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.