Evaluasi User Experience Pada Game Pes 2020 Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough

Hinova Rezha Ulinuha, Ema Utami, Andi Sunyoto

Abstract


INTISARI

PES 2020 Mobile merupakan game sport yang baru saja rilis bulan Oktober 2019. Game ini termasuk kategori jenis game yang baru pada platform mobile sehingga berpotensi memiliki user baru. Pengalaman pengguna (user experience) sangat penting untuk kesuksesan sebuah game di pasaran, terutama pada jenis aplikasi yang baru saja dirilis.. Sistem yang dirancang dengan tidak baik dan tidak mudah digunakan akan membuat pengguna kesulitan mempelajari dan mengoperasikannya, sehingga akan menjadikan sistem tersebut jarang digunakan. Agar bisa mendapatkan user experience yang baik, maka perlu dilakukan sebuah evaluasi. Metode Cognitive Walkthrough adalah metode evaluasi user experience dimana evaluator memberi tugas berbasis skenario dan beberapa pertanyaan kepada pengguna game untuk menemukan masalah yang mengganggu proses pembelajaran. Metode ini cocok digunakan pada sistem yang baru saja dirilis karena dapat menggali proses kognitif pengguna ketika pertama kali menggunakan sistem. Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah orang yang belum pernah memainkan game PES 2020 Mobile. Secara keseluruhan game PES 2020 Mobile merupakan game yang mudah untuk dimainkan oleh pemain baru. Namun pada tampilan awal game (Start PES 2020) lebih baik dilakukan perbaikan. Beberapa responden kurang mengerti tombol untuk masuk ke permainan dikarenakan tidak adanya perintah tertulis untuk menekan tombol start. Hanya ada tombol lingkaran dimana sebagian banyak responden mengira bahwa ikon lingkaran tersebut menandakan game masih proses loading.

 

Kata kunci— PES 2020 MOBILE, User Experience, Cognitive Walkthrough

 

ABSTRACT

PES 2020 Mobile is a sports game that was just released in October 2019. This game belongs to the category of new types of games on the mobile platform so that it has the potential to have new users. The user experience is very important for the success of a game on the market, especially in the types of applications that have just been released. A poorly designed and not easy to use system will make it difficult for users to learn and operate it, thus making the system rarely used . In order to get a good user experience, an evaluation is needed. Cognitive Walkthrough Method is a user experience evaluation method where the evaluator gives a scenario-based assignment and some questions to game users to find problems that interfere with the learning process. This method is suitable for newly released systems because it can explore the user's cognitive processes when first using the system. Respondents used in this study were people who had never played the PES 2020 Mobile game. Overall the PES 2020 Mobile game is an easy game for new players to play. But in the initial appearance of the game (Start PES 2020) better to do repairs. Some respondents did not understand the button to enter the game because there was no written command to press the start button. There is only a circle button where most respondents think that the circle icon indicates the game is still loading.

Kata kunci PES 2020 MOBILE, User Experience, Cognitive Walkthrough

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v15i2.347

Article Metrics

Abstract view : 834 times
PDF - 151 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v15i2.347.g306

Copyright (c) 2020 Hinova Rezha Ulinuha, Ema Utami, Andi Sunyoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.