Analisa Penggunaan Sistem Sosial Media Terhadap Dampak Pemasaran Penjualan Produk Pada Umkm

Danny Ong

Abstract


INTISARI

 

                Teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu telah menjadi suatu perkembangan yang harus diterima oleh semua pihak dan juga secara tidak langsung mengubah sudut pandang dan juga cara interaksi manusia dari seluruh bidang seperti sosial dan ekonomi. Basis penggunaan sistem yang awalnya bertuan untuk menjaring interasksi sosial seperti pertemanan, berbagi foto dan juga kelompok interasi saat ini juga sudah banyak digunakan untuk mendukung basis ekonomi seperti pemasaran produk hingga penjualan. Pemanfaatan basis sistem sosial sudah banyak dilakukan oleh beberapa pihak dari sisi masyarakat biasa, atlet, artis hingga perusahaan yang memiliki pengikut atau fan base yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat dari masyarakat dunia. Kemudahan pelaksanaan dan juga biaya yang sangat rendah bahkan bisa gratis juga salah satu point dasar utama mengapa banyak pihak yang memanfaatkan sistem sosial media untuk menaikan pemasaran dan penjualan. Hal ini dikarenakan berbanding terbalik dengan iklan menggunakan media cetak ataupun iklan dari televise yang memakan cukup banyak biaya sehingga untuk kalangan UMKM, hal tersebut tentunya akan sangat memberatkan terlebih lagi untuk produk yang masih belum banyak dikenal oleh banyak masyarakat. Kenyamanan dari sisi pengguna juga menjadi kepedulian utama karena pengguna bebas melihat suatu produk yang dipasarkan tanpa adanya ikatan waktu dan juga interupsi dari berbagai pihak sehingga pengguna memiliki banyak waktu untuk menentukan pilihan produk yang diinginkan. Pemasaran dan penjualan produk memanfaatkan sistem media sosial juga dapat memberikan keleluasaan bagi pemasar dan penjual produk tersebut untuk dapat mempublish produknya secara bebas dari sisi design, harga dan juga waktu tanpa adanya ikatan kontrak dengan pihak ketiga sehingga proses pemasaran produk akan lebih cepat ditayangkan pada akun sosial media bersangkutan dan pengguna dapat secara langsung melihat produk yang dipasarkan secara real time tanpa harus ada persetujuan seperti penandatanganan kontrak, waktu penanyangan dan hal-hal lainnya yang bersifat komersil. Kebutuhan terakhir yang terpenting adalah dengan pemanfaatan sosial media tersebut tergolong sangat mudah untuk dilakukan karena pemasar cukup memiliki jaringan pertemanan di sosial media yang banyak dan juga dapat melakukan posting terhadap produk yang akan dipasarkan dan dijual dengan melakukan pengolahan kata-kata agar content produk tersebut banyak dilihat dan juga yang terpenting adalah dengan memanfaatkan sosial media, pengguna juga dapat melakukan share informasi ke pengguna lainnya sehingga secara tidak langsung iklan yang awalnya dipasarkan oleh pemasar dapat tersaring ke pihak-pihak lainnya dengan bantuan pengguna sosial media tersebut yang tentunya akan membuat transaksi dan informasi menjadi lebih besar dan luas

 

Kata kunciSosial Media, Pemasaran , Penjualan, Informasi, Sharing, Kenyamanan

                                  

ABSTRACT

In this era, the technology keep growing day by day and that technology now has became development that everyone has to be accepted by everyone and indirectly change a perception and also the interaction of people in all field like social and economy. The platform of system using is beginning to make a filter of social interaction like a friendship, sharing photo each other and group communication but right now that social interaction like or not is used for supporting economy like marketing and sales.Utilization of social media system for supporting economy has been used by many type of citizen like ordinary citizen, sportstman, public figure even a big company itself that have many of followers or fan base to be used for attention attraction and world desire of the people. The implemention is easy and does note make expense so much money even free is one of many aspect reason that’s why so many side using this platform to do promote their product and make selling for ther product. It is contradictive to use advertising in newspaper, tabloid even television because is very expensive for the startup and people who start their business from below to middle. It’s very difficult especially for the product has not been known by people yet. The convenience of people by using that platform is also become the main concern because people can be free to see a product that has been promoted by company without limited by time so people can have so much tme to make a decision of product choosing. Marketing and sales has used social media can promote their product effectively and efficieny from design, price and even time without do a contract with advertising company. Because all of these people can do promote product could be show real tme for social media and user directly see the product without must have approval like contract sign, the showing time and everything have commercial scent has been dismished. And the last thing is very important is using social media system platform is very easy because what must to do is just having many sosial friend or follower in the social account and make good words promotion, posting photo of product and share product information to other user so indirectly that information could be shared to other user and can be a great help to make that product information grow bigger that just one type of promotion and become expand from mouth to mouth by sharing each other.

 

Kata kunciSocial Media, Marketing, Sales, Information, Sharing, Convenience


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v15i2.345

Article Metrics

Abstract view : 852 times
PDF - 118 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v15i2.345.g310

Copyright (c) 2020 Danny Ong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.