Sistem Informasi untuk Menentukan Potensi Mahasiswa Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making dengan Simple Additive Weighting Studi Kasus : STIKES DUTA GAMA KLATEN

Sofyan Suryawan Priyono, Wing Wahyu Winarno, Ferry Wahyu Wibowo

Abstract


Dalam kegiatan belajar dan mengajar lingkungan akademisi tentunya menghasilkan peserta didik yang memiliki keunggulan diatas rata – rata. Keunggulan mahasiswa dalam sebuah lingkungan belajar dapat di indikasikan menjadi sebuah potensi. Dalam studi kasus penelitian ini STIKES Duta Gama Klaten memiliki beberapa data mahasiswa yang dapat dijadikan tolak ukur untuk menentukan mahasiswa yang memiliki potensi.
Dengan implementasi metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making dengan Simple Additive Weighting, yaitu melakukan pembobotan pada setiap alternatif pada semua atribut. Data yang ada akan diberikan nilai sesuai dengan rating kecocokan setiap alternatif. Potensi mahasiswa yang selama ini hanya di indikasikan dalam bidang akademik saja, dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 alternatif yaitu potensi akademik, potensi non akademik, dan potensi umum.
Hasil dari tahap perankingan akan dijadikan sebagai informasi yang diberikan kepada bagian akademik untuk dijadikan pertimbangan. Diharapkan dengan adanya penerapan metode metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making dengan Simple Additive Weighting dapat membantu dalam menentukan potensi apa saja yang ada dalam lingkungan civitas akademika STIKES Duta Gama Klaten.
Kata kunci: Potensi, Akademisi, Civitas, Fuzzy Multiple Attribute Decision Making, Simple Additive Weighting

                                               ABSTRACT
In the learning and teaching activities of the academic environment of course produce learners who have above average superiority. Student excellence in a learning environment can be indicated to be a potential. In this case study study STIKES Duta Gama Klaten has some student data that can be used as a benchmark to determine students who have potential.
With the implementation of Fuzzy Multiple Attribute Decision Making method with Simple Additive Weighting, which is to weighting every alternative on all attributes. Existing data will be assigned a value in accordance with each alternative's match rating. Potential students who have been only indicated in the field of academics alone, in this study is divided into 3 alternatives of academic potential, non-academic potential, and general potential.
The results of the ranking stage will be used as information given to the academic to be considered. It is expected that the application of the method of Fuzzy Multiple Attribute Decision Making method with Simple Additive Weighting can help in determining the potential of what is in the academic community of STIKES Duta Gama Klaten.
Keywords: Potential, Academic, Civitas, Fuzzy Multiple Attribute Decision Making, Simple Additive Weighting


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v15i1.339

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 29 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v15i1.339.g302

Copyright (c) 2020 Sofyan Suryawan Priyono, Wing Wahyu Winarno, Ferry Wahyu Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.