Analisa Penggunaan Sistem E-Commerce Terhadap Dampak Belanja Pada Masyarakat Kota Besar

Danny Ong

Abstract


INTISARI

             Pada zaman era modern seperti saat ini, segala hal yang berhubungan dengan dunia online sudah menjadi konsumsi utama di hampir semua kalangan baik dari segmen usia ataupun jenis kelamin karena dari sisi waktu, kenyamanan hingga kemudahan dalam melakukan aktivitas seperi permainan, ekonomi hingga social semuanya dapat terhubung dan termonitoring dengan jejak digital yang sangat baik. Salah satu peralihan terbesar yang terjadi adalah pergeseran dari transaksi retail yang semula bersifat offline dimana pelanggan melakukan transaksi dengan datang langsung ke toko-toko penyedia barang untuk melakukan transaksi secara langsung saat ini banyak yang beralih ke transaksi online dengan memanfaatkan fasilitas e-commerce yang dikembangkan oleh banyak pengembang. Kemudahan transaksi online menjadi daya Tarik karena pelanggan selain tidak perlu melakukan kunjungan ke toko-toko, pelanggan dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun karena pemesanan barang dapat dilakukan pembayaran secara online dan akan dikirim secara langsung ke lokasi yang ditetapkan oleh pelanggan selain itu pelanggan juga dapat memiliki banyak referensi terhadap suatu produk yang sama dari sisi harga, ukuran bahkan kualitas dari produk bersangkutan. Layanan pada e-commerce yang diberikan seperti bonus, diskon, gratis biaya kirim dan juga cashback memiliki keunggulan tersendiri mengapa e-commerce sangat dinikmati oleh pelanggan karena selain dari sisi harga yang lebih murah dan bervariasi dibandingkan toko offline, pelanggan dapat memperoleh berbagai fasilitas yang diberikan oleh e-commerce bersangkutan. Selain itu variasi penjual dari berbagai wilayah yang tidak dibatasi oleh jarak memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mencari barang spesifik yang diinginkan karena tidak semua barang dijual pada toko offline. Keamanan pada e-commerce juga menjadi dasar terhadap dampak pelanggan mempercayakan identitas data mereka terhadap fasilitas tersebut karena pada dasarnya pelanggan mengharapkan data mereka akan tersimpan dengan aman dan tidak akan diperjual belikan selain itu pelanggan juga dapat menjadikan e-commerce sebagai pihak ketiga dimana apabila pembelian barang dirasa tidak sesuai dan terdapat kerusakan, pelanggan dapat melaporkan terhadap support center e-commerce tersebut untuk ditindaklanjuti berbeda dengan pembelian ke toko secara langsung karena hanya melibatkan pihak penjual dan pembeli. Hal terakhir yang menjadi penting adalah terkait dengan kemudahan penggunaan fungsi e-commerce karena dengan semakin mudah-nya penggunaan e-commerce akan dapat menjangkau segala segment masyarakat sehingga dampak dari peralihan transaksi yang awalnya offline menjadi online akan semakin besar bahkan masyarakat yang tinggal di kota besar dan dekat dengan toko offline secara tidak langsung akan beralih ke transaksi online yang akan membuat transaksi bertumbuh dengan cepat dan besar

 

Kata kunciOffline, Online, e-Commerce, Layanan, Keamanan, Kemudahan, Support

                                  

ABSTRACT

Everything that have relation with online community has been main consumption to all almost segmentation including age or man and women because it’s about time, convenience until difficulty for easy using to do activities like gaming, economic until social relation that everything could be connected so easily and get monitoring by digital history. One of the greatest allocation that already happening is there is movement from retail transaction from offline where customer come to store directly to do transaction change into online transaction by the facility of online where customer can utilize e-commerce facilities that have been developed by many development. Then online transaction has been a different attraction because customer doesn’t need to come to stores, customer can do everything transaction whenever and wherever because transaction ordering can do payment by online and could be seen directyly to location that has been set by customer and customer can get so many reference about the same product from the side of price, size even quality from product. E-commer service like bonus, discount even free delivery service and cash back give so many profit that why e-commerce has been enjoyed by customer because the other aspect about price can be variant and cheaper than offline store, customer can get many facility from e-commerce. After that there are so many varios seller that have been divided by region that could not been bordered by distance give easily condition to customer for searching their specific stuff because there are not stuff has been sold in offline store. The security of e-commerce has been basicly get impact for customer to have their trust because customer identity for their facility the basicly for customer expect their data could be kept safely and not to be saled, other than customer has made e-commerce as their third party, so if someday purchasing transaction that customer did is not suitable and have damage, customer can give reporting to support center for e-commerce so company could make a continuos action, it’s different to do purchasing form offline store that just have two aspect between buyer and seller. The last most important thing is involved about easiness of e-commerce could be operated because if e-commerce easy to use that could reach all people segmentation so impacy and allocation transaction basicly from offline become online can grow bigger even people live in big city can be close to offline store indirecty so impact and transaction allocation from offline to online can be grown bigger and bigger day by day

 

Kata kunci— Offline, Online, e-Commerce, Services, Security, Easiness, Support

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v15i1.327

Article Metrics

Abstract view : 416 times
PDF - 35 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v15i1.327.g291

Copyright (c) 2020 Danny Ong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.