Implementasi Jaringan Ipv6 Pada Infrastruktur Jaringan Ipv4 Dengan Menggunakan Tunnel Broker

Lukman Lukman, Wahyu Adi Pratomo

Abstract


INTISARI

Mengakses internet adalah kegiatan yang tidak lepas dari kebutuhan masyarakat setiap hari pada saat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya kegiatan yang menggunakan akses internet sebagai sumber informasi dan sebagai lalu lintas data antara satu perangkat ke perangkat lainnya. Seiring berjalannya waktu semakin banyak perangkat yang membutuhkan akses internet untuk identifikasi dan definisi lokasi. Namun apakah alamat ip yang tersedia pada saat ini dapat mencukupi kebutuhan alamat ip yang semakin lama semakin bertambah akibat banyaknya perangkat yang membutuhkan alamat ip untuk mengakses internet. Jika dilihat di masa yang akan datang IPv4 yang sekarang masih kita gunakan tidak akan mencukupi kebutuhan alamat ip oleh perangkat yang digunakan. Oleh karena itu perpindahan untuk mulai menggunakan IPv6 sangatlah penting karena alamat ip IPv6 yang dihitung hampir tak terbatas dapat mencukupi kebutuhan alamat ip untuk digunakan oleh banyak perangkat.

Untuk mengatasi permasalahan transisi dari IPv4 ke IPv6, Hurricane Electric ada dengan keunggulan seperti menyediakan IPv6 untuk pengguna, tanpa dipungut biaya, serta memberikan materi dan konfigurasi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melakukan proses transisi. Dalam proses transisi IPv4 ke IPv6 mekanisme transisi yang digunakan adalah menggunakan Tunneling, yang secara tidak langsung juga menggunakan Dual Stack karena IPv6 akan diterapkan kedalam Jaringan IPv4 yang sudah ada. Mikrotik router digunakan sebagai penghubung antara klien ke Tunnel Server dan pendelegasi IPv6 yang didapatkan dari Tunnel.

Dengan pengimplementasian IPv6 ini didapatkan Hurricane Electric akan menyediakan alamat IPv6 yang bisa digunakan oleh pengguna untuk melakukan transisi Tunneling pada infrastruktur Jaringan IPv4 dan menghubungkan ke Jaringan IPv6 di internet, diharapkan banyak orang dan instasi yang akan mengerti dan memahami penggunaan dari IPv6 secara keseluruhan. Selain itu diharapkan penggunaan IPv6 juga semakin meningkat untuk menggantikan IPv4 yang sudah mulai kehabisan alamat ip untuk digunakan.

Kata kunci: IPv4, IPv6, Transisi, Tunnel Broker, Hurricane Electric, Mikrotik.

 

 

ABSTRACT

Accessing the internet is an activity that can not be separated from the needs of the community every day at this time. This can be seen from the many activities that use internet access as a source of information and as data traffic between one device to another. Over time more and more devices need internet access for location identification and definition. But whether the available IP address at this time can meet the need for an IP address that is increasingly growing due to the number of devices that require an IP address to access the internet. When viewed in the future, the IPv4 that we still use today will not meet the needs of the IP address of the device being used. Therefore the move to start using IPv6 is very important because the IPv6 IP address that is counted is almost unlimited can meet the needs of the IP address to be used by many devices.

To overcome the problem of the transition from IPv4 to IPv6, Hurricane Electric comes with advantages such as providing IPv6 to users, free of charge, as well as providing material and configuration that can be used by users to make the transition process. In the process of transitioning from IPv4 to IPv6 the transition mechanism used is to use Tunneling, which indirectly also uses Dual Stack because IPv6 will be applied to the existing IPv4 Network. Mikrotik router is used as a liaison between the client to the Tunnel Server and IPv6 delegation obtained from the Tunnel.

With the implementation of IPv6, Hurricane Electric will provide an IPv6 address that can be used by users to transition Tunneling on IPv4 Network infrastructure and connect to the IPv6 Network on the internet, it is hoped that many people and institutions will understand and understand the use of IPv6 as a whole. In addition it is expected that the use of IPv6 will also increase to replace IPv4 which has started to run out of ip addresses for use.

Keywords: IPv4, IPv6, Transition, Tunnel Broker, Hurricane Electric, Mikrotik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v15i1.324

Article Metrics

Abstract view : 706 times
PDF - 73 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v15i1.324.g288

Copyright (c) 2020 Lukman Lukman, Wahyu Adi Pratomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.