Penerapan System Usability Testing untuk Mengevalusi Website Titik Nol Creative

Amirudin Khorul Huda, Bambang Soedijono W.A, Hanif Al Fatta

Abstract


Titik Nol Creative adalah salah satu vendor dokumentasi yang menerima jasa pemotretan wedding, prewedding, maupun video cinematic, website Titik Nol Creative yang saat ini digunakan sebagai media promosi dan belum pernah dilakukan evaluasi, baik pada saat perancangan maupun implementasi. Evaluasi secara global terhadap website Titik Nol Creative merupakan langkah awal untuk menilai keberhasilan implementasi website. Banyak pendekatan yang bisa dilakukan dalam melakukan evaluasi, salah satunya adalah evaluasi usability. Penelitian yang dilakukan dengan judul “Penerapan System Usability Testing untuk Mengevalusi Website Titik Nol Creative” bertujuan untuk melakukan evaluasi usability dan mengetahui tingkat kegunaan website Titik Nol Creative. Penelitian ini menggunakan metode Alpha Cronbach sebagai alat uji validasi dan reliabilitas kuisioner, sebagai alat uji komparatif menggunakan One Way Anova.

Pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan 2 set kuisioner kepada dua kelompok responden. Kuisioner pertama menggunakan pernyataan asli dari metode SUS, sedangkan kuisioner kedua memberikan perlakuan pada metode SUS dengan menambahkan alasan yang didasarkan pada aspek usability Nielsen. Hasil uji pengguna yang diwakili oleh kedua kelompok memberikan hasil yang hampir sama, antara kelompok A dengan kelompok B. hasil ini menggugurkan hipotesa yang dilakukan, yaitu perlakuan terhadap metode SUS akan memberikan hasil yang berbeda.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dari aspek usability, website Titik Nol Creative masih belum dapat diterima oleh pengguna. Hal ini ditunjukkan oleh dua kelompok responden yang telah melakukan uji pengguna dengan cara memberikan tanggapan terhadap pernyataan yang ada di kuisioner.

Kata kunci— Titik Nol Creative, Usability, Usability Testing, Evaluasi, website


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.318

Article Metrics

Abstract view : 296 times
PDF - 48 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.318.g285

Copyright (c) 2020 Amirudin Khorul Huda, Bambang Soedijono W.A, Hanif Al Fatta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.