Sistem Informasi Pelayanan Perpustakaan Pada Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta Berbasis Client/Server

Jamroni Jamroni

Abstract


Akademi Manajemen Administrasi (AMA) Yogyakarta yang berada di Jl. Pramuka No. 70 Yogyakarta, menyelenggarakan program akademik  jenjang Diploma III (D-3) yang didistribusikan kedalam dua  konsentrasi yaitu Manajemen Rumah Sakit dan Manajemen Obat & Farmasi, dilaksanakan dengan system kredit semester (SKS) dan  system ini memungkinkan mahasiswa untuk menyusun program akademiknya sesuai dengan kecakapan, bakat, minat dan kemampuan yang dibagi dalam 6 (Enam) semester. Dengan jumlah beban kredit sekurang-kurangnya 120 SKS dan mahasiswa juga harus menyelesaikan program pendidikannya dengan menyusun tugas akhir.

AMA Yogyakarta dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar didukung dengan beberapa unit diantaranya: unit akademik, unit pengajaran, unit P3SP, unit LPAS, unit laboratorium,  unit kesehatan dan unit perpustakaan. Perpustakaan di AMA Yogyakarta terus berupaya menambah koleksi buku untuk mendukung proses belajar mengajar, namun demikian dalam pelayanan pada mahasiswa AMA Yogyakarta masih menggunakan cara manual untuk pengolahan, peminjaman dan pengembalian buku karena belum memiliki sistem komputer, sehingga sering terjadi kesulitan untuk menemukan buku belum kembali, buku kembali, jumlah koleksi buku, jumlah anggota dan denda jika mahasiswa terlambat mengembalikan. Sehingga mengakibatkan sering tertundanya direktur dalam pengambilan keputusan.

Komputer merupakan suatu alat bantu pekerjaan manusia yang mampu melakukan apa saja untuk mempercepat proses dan fleksibel untuk digunakan dalam berbagai keperluan. Penulis mencoba membuat sistem informasi pelayanan perpustakaan untuk membantu mengurangi permasalahan yang terjadi di unit perpustakaan AMA Yogyakarta, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan PHP, HTML dan MySQL 5.0 sebagai server basis datanya.

Kata kunci: AMA, Yogyakarta, Sistem, Peminjaman, Perpustakaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.317

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF - 15 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.317.g284

Copyright (c) 2020 Jamroni Jamroni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.