Analisis Hasil Uji Algoritma Fisher-Yates pada Aplikasi Simulasi CAT CPNS

Danny Kriestanto, Azhari Hilmi

Abstract


Calon pegawai negeri sipil yang akan mengikuti ujian masuk calon pegawai negeri sipil akan dihadapkan dengan banyak pertanyaan ujian. Diperlukan suatu aplikasi yang dapat membantu para calon pegawai negeri sipil dalam mengasah kemampuannya diperlukan sebuah simulasi ujian masuk. Simulasi tersebut haruslah dapat menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang dimunculkan secara acak.

Dalam proses pengacakan bilangan dengan menggunakan random, kemungkinan munculnya bilangan yang sama dapat terjadi. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk menampilkan bilangan acak yang tidak berulang adalah algoritma Fisher-Yates.

Algoritma Fisher-Yates tidak memungkinkan munculnya nomor indeks soal yang sama pada peserta simulasi yang sama, namun diharapkan dapat memberikan nomor indeks soal yang berbeda pada peserta yang berbeda pula.

Adapun hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemungkinan munculnya nomor indeks yang sama pada nomor soal yang sama pula bergantung dari banyaknya indeks soal dan banyaknya soal yang dipanggil dari bank soal tersebut. Semakin banyak indeks bank soal dan semakin sedikit jumlah soal yang diambil, semakin kecil pula kemungkinan soal yang berulang.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.313

Article Metrics

Abstract view : 428 times
PDF - 52 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.313.g280

Copyright (c) 2020 Danny Kriestanto, Azhari Hilmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.