Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward and Peppard di SMK Syubbanul Wathon

Muhamad Maksum Hidayat, Kusrini, Hanif Al Fatta

Abstract


SMK Syubbanul Wathon merupakan organisasi pendidikan sekolah menengah kejuruan berbasis pesantren yang ada di Magelang, Jawa Tengah, untuk terus berkembang dan unggul dalam berkompetisi dengan kompetitor lain, SMK Syubbanul Wathon membutuhkan perencanaan strategis sistem informasi karena untuk saat ini SMK Syubbanul Wathon belum memiliki perencanaan strategis sistem informasi dan dukungan sistem informasi yang ada saat ini belum optimal, hanya ada sistem informasi keuangan, sehingga aktivitas-aktivitas yang lain masih berjalan secara konvensional, tidak efektif, dan tidak efisien, hal ini yang menyebabkan melemahnya  keunggulan kompetitif pada SMK Syubbanul Wathon. Dalam paper ini akan menjelaskan perencanaan strategis sistem informasi menggunakan framework Ward and Peppard dengan analisis data menggunakan SWOT, PEST, Value Chain, dan McFarlan Strategic Grid. Penelitian ini menghasilkan portofolio 18 rekomendasi sistem informasi yang telah dipetakan prioritasnya menggunakan McFarlan Strategic Grid.

 

Kata kunciPerencanaan strategis, Ward and Peppard, Sistem Informasi, Portofolio.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.312

Article Metrics

Abstract view : 596 times
PDF - 136 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.312.g279

Copyright (c) 2020 Muhamad Maksum Hidayat, Kusrini, Hanif Al Fatta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.