Analisis Penerapan Pemodelan Gerakan Karakter Manusia pada Animasi 3D dengan Menggunakan Metode Forward Kinematics

Rifai Ahmad Musthofa, Ema Utami, Suwanto Raharjo

Abstract


Metode pergerakan dalam membuat animasi 3 Dimensi salah satunya adalah menggunakan metode kinematics. Kinematics merupakan  ilmu yang mempelajari tentang pergerakan sebuah benda tanpa memperhitungkan gaya yang menyebabkan gerakan. terdapat 2 jenis Kinematics yang digunakan dalam animasi yaitu Forward Kinematics (FK) dan Inverse Kinematics (IK). Dalam studi ini penulis akan mencari parameter pegerakan beladiri jump kicks animasi 3dimensi menggunakan metode Forwards Kinematics dengan berdasar literatur tentang anatomi tubuh manusia. Dalam studi ini animator akan menguji ketepatan pergerakan animasi dengan pergerakan manusia aslinya. Animator dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk pergerakan animasi dengan metode Forwards Kinematics


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.311

Article Metrics

Abstract view : 1411 times
PDF - 452 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3.311.g278

Copyright (c) 2020 Rifai Ahmad Musthofa, Ema Utami, Suwanto Raharjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

     

 
 JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati)

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto KM. 6.3 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Phone: 0274-488781 Email: jti@respati.ac.id Website: http://jti.respati.ac.id/index.php/

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi Respati is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.